Headlines News :
Home » , » Rimpu: Yuuk! Saksikan Pagelaran Budaya Bima “Menyapa Budaya Mbojo”

Rimpu: Yuuk! Saksikan Pagelaran Budaya Bima “Menyapa Budaya Mbojo”

Written By Pewarta News on Sabtu, 31 Oktober 2015 | 00.48


Yogyakarta, PewartaNews.com – Rasa rindu akan tanah kelahiran pasti muncul dalam benang orang-orang Mbojo (Bima) bila mana berada di tanah rantauan. Indonesia kaya akan budaya, suku, ras, dan agama serta terbingkai dengan indah dalam nafas “Bhineka Tunggal Ika” yang bermakna walau berbeda-beda namun tetap satu tujuan, yakni Indonesia Raya. Oleh karena keberagaman itu, orang-orang yang mempunyai suku dan budaya berbeda kadang ada rasa ingin tahu akan budaya-budaya yang lainnya, salahsatunya mengenal budaya dan adat istiadat Mbojo (Bima). Oleh karena itu, penting rasanya seluruh stake holder untuk turut andil dan menyaksikan bersama pagelaran Budaya Bima dengan mengangkat tema “Menyapa Budaya Mbojo” yang dipersembahkan oleh organisasi RIMPU. Rimpu merupakan organisasi semi otonom dari organisasi kedaerahan “Keluarga Pelajar Mahasiswa (KEPMA) Bima-Yogyakarrta”.

Sekilas, Rimpu merupakan nama pakaian asal suku Mbojo, pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Rimpu adalah memakai sarung dengan melingkarkannya pada kepala dimana yang terlihathanya wajah pemakainya dengan menggunakan sarung. Kebudayaan rimpu yang merupakansalah satu hasil kebudayaan masyarakat Bima-Dompu. Umumnya, kaum perempuan memakai rimpu untuk menutup auratnya sebagaimana ajaran Islam mengajarkan bahwa setiap kaum perempuan yang sudah aqil balik harus menutup auratnya di hadapan orang yang bukan muhrimnya. Ada dua jenis busana rimpu yang di gunakan oleh perempuan Bima-Dompu, bagi perempuan yang belum menikah memakai busana rimpu hanya keliatan bagian mata dan telapak tangannya saja, sedangkan bagi perempuan yang sudah menikah atau berkeluarga memakai busana rimpu boleh keliatan bagian wajah.

Ayok rekan-rekan semuanya, datang dan saksikan hajatan pentas Budaya Bima (Mbojo) yang dipersembahkan oleh orang Bima yang berada di Yogyakarta, Yang akan di gelar pada hari Sabtu, 31 Oktober 2015 Pukul 19.00 WIB Sampai selesai. Bertempat di Gelanggang Teater Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (tepatnya berada di samping Gedung Olahraga Futsal Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta). Acara ini gratis dan terbuka untuk umum.

“Ayok meriahkan hajatan weki ndai mbojo cina ra angi, sekalian tetap mempererat tali silaturrahim kita masyarakat kita mbojo yang ada di Yogyakarta,” seruan Faturrahman sebagai ketua panitia penyelenggara yang diterima PewartaNews.com melalui Broad Cast via BlackBerry Messenger pada 29 Oktober 2015.

“Banyak budaya dan permainan tradisional Bima yang akan ditampilkan pada pagelaran ini, seperti Gantao, Cepe Tembe, Tutu Kandei, Mpa’a Gopa, Mpa’a Kandese, Mpa’a Rea, dan banyak lagi yang lainnya. Selain itu kita juga akan mempersembahkan drama tradisional yang akan menyuguhkan keseharian orang-orang Bima.” beber Agus Salim yang kebetulan sebagai salahsatu pemeran dalam pentas budaya itu pada PewartaNews.com di Yogyakarta.

“Ini acara luarbiasa yang harus kita dukung bersama sebagai keluarga Bima yang berada di Yogyakarta, oleh karena bagi yang merasa diri orang Bima yang berada di Yogyakarta wajib kiranya tuk meluangkan waktunya untuk menghadiri pentas budaya Bima ini. Selain orang Bima, mahasiswa atau orang-orang luar Bima yang kebetulan saat ini berada di kota gudeg Yogyakarta dianjurkan juga untuk menghadiri acara ini, agar lebih jauh atau mengenal budaya-budaaya orang Bima, itu menjadi wawasan yang bagus juga.” Anjuran M. Jamil, S.H. salahsatu  mahasiswa Bima di Yogyakarta yang kebetulan mengambil studi di Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Univesitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta melalui PewartaNews.com pada 30 Oktober 2015. [MJ / PewartaNews]


Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2017. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website