Headlines News :
Home » , » Sejarah Singkat Pembentukan Prodi Ilmu Hukum di UIN Sunan Kalijaga

Sejarah Singkat Pembentukan Prodi Ilmu Hukum di UIN Sunan Kalijaga

Written By Pewarta News on Kamis, 15 Oktober 2015 | 22.06

Dr. Ahmad Bahiej, S.H., M.Hum. (Kajur IH UIH Suka)
Pembentukan Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Syariah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pertama kali diinisiasi oleh Drs. Barmawi Mukri, M.Ag. S.H., seorang Dosen Hukum di Fakultas Syariah UIN Sunan Kalijaga tahun 2004 dengan mengundang sejumlah dosen bergelar Sarjana Hukum di Fakultas Syariah UIN Sunan Kalijaga. Kemudian dibentuklah Tim Pembentukan Program Studi Ilmu Hukum, dengan Ketua Drs. Barmawi Mukri, M.Ag. S.H., Sekretaris Ahmad Bahiej, S.H. M.Hum., Anggota: Siti Fatimah, S.H. M.Hum., Udiyo Basuki, S.H. M.Hum. Iswantoro, S.H. M.H., Budi Ruhiatudin, S.H. M.Hum., Muyassarotussolichah, S.H. M.Hum. (alm), dan Nanang Moh. Hidayatullah, S.H. M.Si. (alm) Proposal Pendirian Program Studi Ilmu Hukum pertama kali diajukan ke Fakultas Syariah pada 2 Januari 2006 (tanggal surat 25 Desember 2005). Dekan Fakultas Syariah pada saat itu, Dr. K.H. Malik Madani, M.A. kemudian mengajukan proposal ke Senat Fakultas pada bulan Maret 2006 dan disidangkan Rabu, 19 April 2006. Rabu, 4 April 2007 proposal pendirian Prodi Ilmu Hukum disidangkan ke Senat Universitas dan kembali disidangkan di Komisi Akademik Senat Universitas pada Senin, 3 Maret 2008.(http://syariah.uin-suka.ac.id)

Setelah selesai urusan birokrasi kampus, proposal pendirian Program Studi Ilmu Hukum diajukan ke Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional dan mendapatkan rekomendasi dengan surat Nomor 3487/D2.2/2008 tanggal 30 Desember 2008. Setelah mendapatkan rekomendasi dari Departemen Pendidikan Nasional, proposal diajukan ke Dirjen Pendidikan Islam Departemen Agama, dan akhirnya mendapatkan izin operasional dengan surat Nomor DJ.I/32/09 tanggal 20 Januari 2009. Dengan Keputusan Rektor UIN Sunan Kalijaga Nomor DS-12.a Tahun 2009 tanggal 18 Februari 2009, Dekan Fakultas Syari’ah saat itu (Prof. Drs. Yudian Wahyudi, M.A. Ph.D.) membuka Program Studi Ilmu Hukum. Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 506/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2015, Program Studi Ilmu Hukum mendapatkan akreditasi A. (http://syariah.uin-suka.ac.id)

Saat ini Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dipimpin oleh Ketua Jurusan yang bernama Dr. Ahmad Bahiej, S.H., M.Hum.
Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website