Headlines News :
Home » , , » Sudah Ada Rekomendasi Pencabutan Dari Kraton Namun Gugatan Terhadap Kelima PKL Gondomanan Terus Berlanjut

Sudah Ada Rekomendasi Pencabutan Dari Kraton Namun Gugatan Terhadap Kelima PKL Gondomanan Terus Berlanjut

Written By Pewarta News on Rabu, 18 November 2015 | 02.27

Budi Hermawan.
PewartaNews.com – Harapan-harapan manis akan selesainya gugatan 1,2 miliiar yang dialami oleh kelima PKL Gondomanan masih harus terus di perjuangkan. Terlebih saat ini mereka semakin resah dan mempertanyakan bagaimana kelanjutan nasibnya. Pasalnya sampai saat ini belum ada kebijakan apapun yang dikeluarkan oleh Kraton Yogyakarta terkait Permasalahannya. Sampai saat ini kelima Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di Jl. Brigjend Katamso masih saja menghadapi gugatan dari pemegang Kekancingan Eka Aryawan. Walaupun Kraton Yogyakarta selaku pihak yang mengeluarkan Kekancingan melalui panitikismo pernah melakukan mediasi dengan memanggil para pihak yang bersengketa atas tanah kekancingan seluas 73 m2. Namun pihak Eka Aryawan tidak menghadiri panggilan dari Kraton yang ingin mempertemukan dengan Kelima Pedagang Kaki Lima guna penyelesaian sengketa tanah Sultan Ground.

Pun akhirnya pernyataan sikap dari Kraton Yogyakarta muncul atas persoalan yang dihadapi oleh Kelima Pedagang Kaki Lima dengan Pengusaha Eka Aryawan. Pernyataan sikap yang muncul dari pihak Kraton, Lantaran Kraton yang sudah memanggil Eka Aryawan sebanyak 2 kali untuk hadir dalam Mediasi yang difasilitasi Kraton Yogyakarta tak kunjung hadir. Ketidak hadiran tanpa kabar Eka Aryawan pada Mediasi yang difasilitasi Kraton Yogyakarta seperti menyiratkan itikad baik untuk penyelesaian permasalahan ini memang tidak ada. Hal tersebut membuat Kraton Yogyakarta mengeluarkan sikap yang dikeluarkan melalui rekomendasi dari Tim Hukum Kraton yang diwakili oleh KRT Nitinegoro atau Achiel Suyanto, merekomendasikan pada Penghageng Panitikismo KGPH Hadiwinoto selaku pihak yang berwenang memutuskan. Rekomendasi tersebut Ada dua langkah yang bisa diambil atas penguasan Panitikismo ke kami, bisa dicabut atau bisa tidak diperpanjang (kekancingan berlaku hanya 10 tahun, sekarang sudah tiga tahun sejak 2011), berikut tutur Achiel Suyanto menanggapi permasalahan sengketa tanah kekancingan yang menimpa kelima Pedagang Kaki Lima.

Sejak Rekomendasi tersebut dikeluarkan oleh Tim Hukum Kraton Yogyakarta pada 7 Oktober 2015 yang lalu, perasaan lega dan kepastian bahwa gugatan 1,2 Miliar yang merundung kelima Pedagang Kaki Lima akan terhenti dan kelima Pedagang Kaki Lima tetap dapat melaksanakan aktifitas perdagangannya guna mencari penghidupan bak menjadi angin segar yang dirasakan. Namun hingga hari ini gugatan tersebut masih saja di hadapi, malah prosesnya tetap berlanjut hingga pembuktian, perasaan khawatir dan resah menunggu kepastian atas rekomendasi Kraton Yogyakarta yang akan mencabut Kekancingan Eka Aryawan pun dipertanyakan oleh Kelima Pedagang Kaki Lima. Karena dasar Gugatan Eka Aryawan memang berdasarkan pada Surat Kekancingan, apabila surat kekancingan tersebut dicabut oleh pihak yang mengeluarkan maka dasar gugatan Eka sudah tak berlaku lagi untuk menuntut Kelima PKL 1,2 Miliar. Mengingat gugatan tersebut menyangkut hajat hidupnya yang akan tergusur serta bayang-bayang tuntutan gugatan material sebesar 1,2 Miliar yang harus mereka terima.

Oleh karena itu menanggapi Rekomendasi Penyelesaian permasalahan yang dihadapi kelima Pedagang Kaki Lima, kami MEMPERTANYAKAN TINDAK LANJUT REKOMENDASI Tim Hukum Kraton Yogyakarta kepada Panghageng Panitikismo yang menyatakan akan mencabut atau tidak memperpanjang kekancingan Eka Aryawan.

Kuasa Hukum Tergugat 
Kelima Pedagang Kaki Lima Gondomanan 


LBH Yogyakarta

Nara Hubung: Budi Hermawan (08562864025)

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website