Headlines News :
Home » , , » Dimas Ricco dan Diajeng Elita Melaju ke Pemilihan Duta Wisata Indonesia 2015 Mewakili DIY

Dimas Ricco dan Diajeng Elita Melaju ke Pemilihan Duta Wisata Indonesia 2015 Mewakili DIY

Written By Pewarta News on Kamis, 03 Desember 2015 | 13.56

Dimas Ricco Survival dan Diajeng Elita

Yogyakarta, PewartaNews.com – Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki +- 17.508 pulau dengan +- 1.128 suku bangsa. Indonesia negara yang kaya akan budaya, pariwisata dan aneka ragam lainnya. Sudah menjadi kewajiban bagi warga Indonesia untuk dapat menjaga kelestarian  tersebut. Berbagai cara yang ditempuh oleh pemerintah dalam melakukan visi dan misi pelestarian budaya dan pariwisata. Salah satu diantaranya dengan membentuk agen- agen pelestari yang memiliki jiwa dan semangat tinggi. Para pemuda-pemudi terpilih dari masing- masing provinsi yang ada di Indonesia diberikan kepercayaan untuk menjadi Duta Wisata bagi provinsi ataupun daerah mereka masing- masing.

Ajang Pemilihan Duta Wisata adalah salah satu upaya yang diharapkan kepada generasi muda Indonesia untuk melestarikan budaya asli daerah sebagai salah satu sumber kekayaan dan kekuatan nasional bangsa Indonesia. Daerah Istimewa Yogyakarta, yang erat dengan keistimewaan dan berbagai macam keindahan pariwisata maupun budaya pun memiliki Duta Wisata sebagai salah satu ujung tombak promosi. Dimas Diajeng, sebutan akrab bagi pemuda-pemudi yang terpilih menjadi Duta Wisata bagi Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki tanggung jawab dan peran penting tidak hanya mengetahui kekayaan akan budaya dan pariwisata yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta namun juga mengetahui seputar sejarah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pemilihan Duta Wisata Indonesia 2015 menjadi salah satu acara yang dinantikan bagi Duta Wisata se-Indonesia untuk dapat mempromosikan masing-masing kekayaan maupun potensi antar daerah. Pemilihan ini akan diadakan pada 9-14 Desember 2015 di Jakarta. Berbagai acara akan dilalui oleh para finalis beberapa diantaranya yaitu Kunjungan ke Museum Bank Indonesia, Pembekalan oleh Komite III DPD RI, Pembekalan oleh KPAI, Pembekalan oleh The Sukarno Center, Official Visit Ke Gedung MPR/DPD/DPR, Official Visit Ke Sekretariat ASEAN, Latihan Koreografi, Penjurian, hingga Malam Grand Final.

Proses penilaian dalam pemilihan duta wisata indonesia meliputi: masa presentasi pembukaan, masa karantina, masa orientasi dan sosialisasi, masa pembekalan, interaksi dengan panitia dan masyarakat, penguasaan keterampilan daerah, masa kunjungan persahabatan, masa kunjungan dan aksi sosial, masa test interview oleh juri, masa tes tertulis dan masa penampilan grand final. Dewa Juri terdiri dari unsur Kementrian Kabinet Kerja RI, Praktisi Media Massa, LSM/Pakar Akademisi Pariwisata, DPN ADWINDO, Yayasan Duta Wisata Indonesia, Pakar Kepribadian, Publik Figur, Pakar Pariwisata dari Negara Sahabat dan Pakar Hukum. Sehingga nantinya akan terpilih 10 pasang juara meliputi: Duta Wisata Indonesia 2015, Wakil I, Wakil II, Duta Wisata Indonesia Intelegensia, Persahabatan, Perdamaian, Favorit, Berpenampilan Terbaik, Best Presentation dan Special Jury Prize.

Pemilihan Duta Wisata Indonesia 2015 melibatkan masing-masing perwakilan Duta Wisata antar provinsi di Indonesia. Dimas Diajeng, melalui dukungan Dinas Pariwisata DIY dan Pemerintah DIY turut berpartisipasi pada ajang pemilihan tersebut. Diharapkan bahwa ajang ini menjadi salah satu upaya strategis dalam menarik minat masyarakat akan keistimewaan Yogyakarta.

Dimas Ricco Survival Yubaidi, A.Md., S.H. (22 tahun) dan Diajeng Elita Yunanda, S.IP. (25 tahun), adalah sepasang perwakilan Dimas Diajeng Jogja yang akan melaju ke tingkat nasional. Mereka awalnya merupakan Dimas Diajeng bagi daerah/kabupaten masing-masing, kemudian maju ke pemilihan tingkat Provinsi. Dimas Ricco Survival Yubaidi saat ini tengah melanjutkan studi nya di Magister (S2) Kenotariatan Universitas Gadjah Mada, ia mengungkapkan bahwa menjadi representasi Daerah Istimewa Yogya merupakan kebanggaan tersendiri bagi siapapun, dimana akan banyak sekali yang dapat diceritakan bagi masyarakat luas tentang keistimewaan DIY. Sementara itu, Diajeng Elita Yunanda, Alumnus Universitas Pembangunan Nasional yang kini tengah melanjutkan karirnya di salah satu perusahaan start-up, mengungkapkan bahwa mewakili Dimas Diajeng/Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan sarana untuk dapat menjalin keharmonisan dan komunikasi antara provinsi maupun duta wisata. Hal ini dapat menjadi sarana strategis dalam pengembangan pariwisata dalam jangka panjang.

Setelah melalui pembekalan dan persiapan matang, Dimas Ricco & Diajeng Elita berharap dapat memberikan yang terbaik bagi Dimas Diajeng Jogja, Pemerintah Daerah, dan warga Daerah Istimewa Yogyakarta secara umum. Dengan acara ini diharapkan bahwa pemuda-pemudi DIY lainnya dapat mengikuti jejak mereka, bahkan dapat lebih baik lagi. [MJ / PewartaNews]

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2017. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website