Headlines News :
Home » , , » Bima Inspirasiku, Kaya Akan Objek Wisaja yang Patut di Kunjungi

Bima Inspirasiku, Kaya Akan Objek Wisaja yang Patut di Kunjungi

Written By Pewarta News on Jumat, 05 Februari 2016 | 00.40


Muhammad Auliya.
PewartaNews.com – Bima merupakan daerah paling timur provinsi Nusa Tenggara Barat dengan jarak lebih kurang 400 KM dan waktu tempuh lebih kurang 12 jam perjalan dari ibu kota propinsi NTB (Mataram). Bima merupakan daerah terdiri dari banyak dataran tinggi yang memiliki banyak potensi objek wisata alam yang indah tersebar diberbagai tempat dalam wilayah Kabupaten dalam wilayah Alam Bima diantaranya adalah objek wisata Gunung Tambora, Sambori kampung adat di atas awan, Wadu Pa’a, Pemandian Madapangga, Pantai Wane, pantai kalaki, pantai papa, Bajo Pulo dan didaerah pegunungan banyak terdapat air terjun serta Goa yang merupakan anugrah Tuhan yang menakjub dan mempesona.

Pada kesempatan ini saya menampilkan tentang Objek wisata Air Terjun Oi Mabu Kecamatan Langgudu dan Kecamatan Belo Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat. Air terjun Oi Mabu berada dalam kawasan hutan TNKS yang masih alami dan lebat dengan jarak tempuh lebih kurang 25 KM dari Kota Bima dan waktu tempuh lebih kurang 60 Menit sampai di dusun Kalemba Desa Kawuwu kecamatan Langgudu atau 20 menit dari desa Ncera.

Saat kunjungan saya bersama seorang kawan ke lokasi air terjun Oi Mabu, air terjun tersebut masih sangat alami dan tersembunyi dalam hutan bukit Lambitu, air terjun tersebut belum banyak di ketahui oleh wisatawan, jalan menuju kesana masih semak belukar.

Perjalanan penulis bersama kawan di Mulai dari desa Ncera dengan mengunakan kendaraan Motor Roda dua menuju Bombo Ncera dikenal dengan air terjun nun indah yg tidak kalah menakjubkan yg dapat menghipnotis para pengunjung. Dari situ membuat kita penasaran karena kami melihat ke atas kaki gunung Lambitu terlihat aliran air yg begitu tinggi dari kejauhan. Ya benar saja kami melanjutkan perjalanan ke Desa Kawuwu tepatnya dusun Kalemba, sesampai di Kalemba kami mampir ke satu-satunya sekolah tepat pertama masuk dusun Kalemba menanyakan akses jalan menuju air terjun Oi Mabu. Perjalan dilanjutkan melewati hamparan persawahan yg begitu tertata apik sekan seperti tangga alam yang asri di kaki bukit, menyisir jalan setapak disisi Sungai. Jalur yang ditempuh naik melewati sawah sembari menyapa masyarakat yang menemani perjalan petualang. perjalan dengan waktu tempuh lebih kurang 20 menit dari Dusun Kalemba menuju air terjun Oi Mabu.

Sesampai disana tercampur haru dan bahagia, rasa capek seakan hilang begitu saja dengan disuguhi gemuruh suara air terjun tersusun dua seakan menyambut kami dengan penuh kebahagiaan. Teman sayapun berteriak lepas penuh bahagia akan keindahan ala ini. Setelah kami rehat sejenak, kamipun mencoba mengukur tenyata diluar dugaan susunan paling bawah setinggi 7 m sedangkan yg ke dua di atas 20 m. Wao sungguh diluar dugaan siapapun yg ingin ke tempat ini.

Tidak berhenti disini saja, terdengar dari kejauhan gemuruh terdengar samar tepat di atas tebing setinggi 20 meter itu. Yah rasa penasaran sayapun tak terbendung sehingga saya memutuskan untuk melihatnya. Sekitar 15 meter dari 2 air terjun tadi sayapun tidak bisa mengungkapkan kebahagiaan saya betapa indahnya air yang mengalir terjun sebebas ditebing curam sekitar 50 m tinngix dan dibawahnya ditahan oleh bebatuan yang begitu indah. Tidak sampai disini saja guys ternyata di atas air terjun yang tingginya sekitar 50 m ini terdapat air terjun yg sangat2 tinggi dan pemandangan hijau yang membuat mata tidak bisa berkedip lagi.. yah hamper 70 m tingginya tidak ada kata-kata lagi kecuali bahagia.

Baru kali ini saya melihat air terjun tersusun 5 dalam satu aliran sungai…ini hanya terdapat di Kabupaten Bima propinsi Nusa Tenggara Barat.


Penulis: Muhammad Auliyah
Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Universitas Mataram, NTB.

Salahsatu tempat wisata di Bima, NTB.
Share this post :

+ komentar + 1 komentar

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2017. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website