Headlines News :
Home » , , » Tagari Partisipasi Menyambut Hari Peduli Sampah Nasional

Tagari Partisipasi Menyambut Hari Peduli Sampah Nasional

Written By Pewarta News on Selasa, 23 Februari 2016 | 07.42

Suasana saat Tagari ikut ramaikan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, 20 Februari 2016 di sekitar Malioboro Yogyakarta.
Yogyakarta, PewartaNews.com – Komunitas Segenggam Mentari (Tagari) beberapa hari lalu, pada tanggal 21 Februari 2016 yang bertepatan dengan Hari Sampah Nasional, ikut meramaikan event yang diadakan komunitas Green Pack. Tagari Jogja telah berpartisipasi dalam acara Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, yang diikuti oleh banyak peserta hampir 300 peserta dari seluruh universitas dan komunitas sosial baik dari Jogja maupun dari luar kota Jogja.

Hari sampah Nasional memiliki visi yang besar dalam membangun kepedulian dan kebersamaan dalam pengelolaan sampah yang berkelanjutan. Hari Peduli Sampah Nasional pada 21 Februari diperingati berlatar belakang sejarah pada 21 Februari 2005. Dimana gunungan sampah dari TPA Leuwi Gajah longsor menimbun dua perkampungan warga hingga menewaskan ratusan jiwa. Semenjak bencana tersebut, 21 Februari dicetuskan sebagai Hari Peduli Sampah Nasional, sebagai pengingat kondisi persampahan di Indonesia.

Pagi dengan suasana yang cerah pada 21 Februari 2016, Tagari Jogja bersama ratusan pemuda dari berbagai universitas dan komunitas bergerak bersama memungut sampah sepanjang jalan Malioboro. Titik kumpul awal di lapangan parkir Abu Bakar Ali pukul 06.00 pagi dan mulai bergerak sekitar pukul 07.15. Tagari Jogja sendiri mendapat bagian membersihkan sampah-sampah yang ada di sepanjang area jalan Malioboro menuju arah jalan Pabringan, dan jalan Mataram. Setiap tim mendapat beberapa tas kresek sebagai tempat pengumpulan sampah yang dibedakan dari sampah organik, sampah plastik, dan sebagainya.

Tagari merupakan komunitas yang beruntung, dimana bisa ikut berpartisipasi dalam event tersebut dengan berbagi semangat sosial yang tinggi terhadap sesama. Harapan Tagari, dengan berpartisipasi dalam event peduli sampah tersebut, kesadaran masyarakat tentang pengelolaan sampah lebih baik. Karena biar bagaimanapun juga kita harus tetap menyediakan lingkungan yang bersih dan aman untuk generasi mendatang.


Penulis: Henny Prasetyowati
Mahasiswa Magister Studi Kebijakan Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada / salahsatu anggota Komunitas Segenggam Mentari (Tagari).

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website