Headlines News :
Home » , , » Tagari Survei SLB Bhakti Pertiwi Prambanan untuk Sasaran Pengabdian

Tagari Survei SLB Bhakti Pertiwi Prambanan untuk Sasaran Pengabdian

Written By Pewarta News on Selasa, 23 Februari 2016 | 07.19

Beberapa anggota Tagari berpose dengan Kepala sekolah dan guru SLB Bhakti Pertiwi pada 20 Februari 2016.
Sleman, PewartaNews.com – Komunitas Segenggam Mentari (Tagari) terus bergerak membuat konsep berbagi terhadap sesama. Sabtu 20 Februari 2016 beberapa hari yang lalu, komunitas ini menyambangi Sekolah Luar Biasa (SLB) Bhakti Pertiwi. Kali ini komunitas sosial anak muda Jogja ini akan menggandeng SLB Bhakti Pertiwi yang beralamat di Jl. Candi Boko KM. 3, Candirejo, Bokoharjo, Prambanan untuk membuat program pendampingan guna menjadi dukungan terhadap adik-adik SLB disana.

Menariknya, Tagari Jogja sendiri belum pernah terlibat dalam kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di SLB. Untuk beberapa anggota Tagari Jogja, Henny misalnya, pernah menjadi volunteer pengajar untuk anak SD di daerah pinggiran kali di Kota Malang, namun bukan SLB. Pengalaman mengajar juga pernah dirasakan oleh anggota Tagari Jogja yang lain, namun bukan dengan SLB. Bagi Tagari Jogja, hal ini merupakan proyek pendampingan pertama yang bekerjasama dengan SLB.

Pemilihan SLB Bhakti Pertiwi pun juga dilakukan melaui survey yang dilakukan hampir kurang lebih 1 bulan lamanya. Sehingga ending akhir, SLB Bhakti Pertiwi-lah sebagai tempat untuk pelaksanaan program pendampingan. Rencana pendampingan dilakukan oleh anggota Tagari setiap hari Jum’at dan Sabtu. Dimana anggota Tagari Jogja akan secara bergantian ikut berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar dikelas adik-adik SLB Bhakti Pertiwi. Bukan hanya konsep mengajar dikelas yang dibawa oleh Tagari dalam program pendampingan ini, namun juga proses interaksi bersama adik-adik SLB yang juga mereka lakukan. Karena output dari program pendampingan ini adalah kemudian bisa dihasilkan acara untuk mengangkat dan memperkenalkan eksistensi dari adik-adik SLB. Bahwa mereka juga memiliki kemampuan dan kreativitas yang juga layak diacungi jempol.

Rencana Tagari mendapat dukungan penuh Bapak Edi Dwiyanto selaku Kepala Sekolah SLB Bhakti Pertiwi, beberapa program unggulannya seperti Bengkel kerja, notabene yang menjadi pengajarnya adalah para pengusaha. Selain itu, ada laboratorium unit produksi dan pemasaran.  Laboratorium ini semacam toko buat mereka untuk mempraktekkan langsung produksi dan penjualannya ke masyarakat. Ending akhir tujuan yang diharapkan adalah memberikan keterampilan kepada anak didik setelah mereka lulus dari SLB tersebut. Selain itu, ada juga program-program lain yang sedang dipersiapkan oleh Kepala Sekolah SLB Bhakti Pertiwi untuk meningkatkan kemampuan anak didiknya pasca lulus nanti.

Penulis: Henny Prasetyowati
Mahasiswa Magister Studi Kebijakan Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada / salahsatu anggota Komunitas Segenggam Mentari (Tagari).

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website