Headlines News :
Home » » Pelajar Musi Rawas dan Musi Rawas Utara Bersatu untuk Membangun Daerah

Pelajar Musi Rawas dan Musi Rawas Utara Bersatu untuk Membangun Daerah

Written By Pewarta News on Rabu, 02 Maret 2016 | 00.47

Pelajar Musi Rawas dan Musi Rawas Utara di Yogyakarta.
Yogyakarta, PewartaNews.com – Kualitas pemuda akan menentukan kulitas masa depan bangsa. Baiknya kulitas pemuda akan memeberikan harapan kemakmuran suatu bangsa di masa depan, dan begitu juga sebaliknya jika kualitas pemudanya hancur maka harapan masa depan bangsa akan suram. Maka tidak mengherankan di negara-negara maju sangat memperhatikan kondisi pemudanya. Kualitas intelektual, kreativitas, dan kepemimpinan terus dilakukan baik dibina melalui pendidikan formal maupun dari kegiatan positif yang difasilitasi oleh negara. Negara memberikan ruang dan mendukung untuk pengembangan diri baik hard skill maupun soft skill bagi kalangan pemudanya.

Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa (IKPM) Sumatera Selatan Komisariat Silampari Yogyakarta sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri, baik hard skill ataupun soft skill. Organisasi yang berbasis kekeluargaan ini merupakan rumah besar bagi para pelajar dan mahasiswa yang menuntut ilmu di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Selain itu organisasi ini juga berfungsi sebagai sarana menyambung tali silaturrahmi antar warga masyarakat Kab. Musi Rawas yang berdomisili di wilayah kesultanan Ngayogyakarta Nadiningrat.

Menjelang usianya yang memasuki ke-59 tahun, organisasi ini terus melakukan usaha mempererat persatuan antar pelajar dan mahasiswa Musi Rawas di Yogyakarta. Salah satu upaya untuk mempersatukan hal tersebut pasca wilayah Musi Rawas terbagi menjadi tiga kabupaten yaitu Musi Rawas, Lubuk Linggau dan Musi Rawas Utara, maka diadakanlah sebuah forum pertemuan membahas persatuan mahasiswa Silampari. Forum yang diinisiasi oleh M. Yayan Adi Putra dan Ongky NHU dari Musi Rawas serta Baruri Pasolima, Libra Dika dan Mukromin dari Musi Rawas Utara. Dalam pertemuan tersebut dihasilkan sebuah kesepakatan bahwa untuk membangun daerah Musi Rawas, Lubuklinggau dan Musi Rawas Utara itu dibutuhkan peran serta Pelajar dan Mahasiswa dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkulitas serta siap menyambung estapet kepemimpinan masa depan. Untuk memwujudkan hal tersebut, maka dibutuhkan sebuah kerjasama yang bersinegri dan persatuan dikalangan pelajar dan mahasiswa yang diwujudkan dalam Ikatan Pelajar Silampari yang menaungi tiga organisasi IKPM yaitu IKPM Musi Rawas, IKPM Lubuklinggau dan IKPM Musi Rawas Utara.

Persatuan dibutuhkan untuk menjalin kerjasama dan sinergi dalam meningkatkan kualitas antar pelajar. Sedangkan perpecahan akan menimbulkan bibit-bibit baru gesekkan antar golongan yang akan memicuh konflik, yang membuat generasi penerus estapet kepemimpinan ini hanya disibukkan dengan konflik yang akan menghabiskan energi dan membuat generasi muda hanya mengedepankan emosional dari pada kreativitas dan intelektualitasnya. Dengan adanya kesepakatan tentang persatuan ikatan pelajar Silampari ini diharapkan dapat menumbuhkan semnagat saling membahu untuk meningkatkan kulitas diri, kepemimpinan, kreativitas dan intelektual dikalangan pelajar Musi Rawas, Lubuklinggau dan Musi Rawas Utara. Banyak kegiatan yang bisa dimunculkan kedepannya dalam memupuk sinergi memperbaiki kulitas intelektual, kreativitas dan kepemimpinan.

Dengan semboyan semangat persatuan mahasiswa silampari “Dari Yogyakarta Kami Bangun Daerah” pada akhir bulan Februari 2016 ini akan dilaksanakan agenda Musyawarah Anggota (MUSYANG) IKPM Sumatera Selatan Komisariat Silampari Musi Rawas. Dengan adanya MUSYANG  sebagai tanda berakhirnya masa kepengurusan periode 2014-2016 dan membentuk kepengurusan baru untuk periode mendatang. Dalam agenda MUSYANG ini akan dibahas beberapa agenda, pertama pembahasan AD/ART dan Pedoman Pokok IKPM Sumatera Selatan Komisariat Silampari Yogyakarta, kedua akan memilih pengurus periode 2016-2017, ketiga membentuk presidium pembentukan Ikatan Pelajar Silampari, IKPM Musi Rawas dan IKPM Musi Rawas Utara.

“Ikpm-Silampari Yogyakarta sebagai wadah atau sarana komunikasi baik mahasiswa dari Musi Rawas dan Muratara yang ada diyogyakarta, Bisa dikatakan Pusat komunikasi bagi saudara-saudara yang inggin belajar dan bersilaturahmi ditanah rantau”. ujar Baruri Pasolima (Ketua IKPM-Silampari Periode 2014-2016)


* Sugiarto

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website