Headlines News :
Home » , » Tagari Dampingi SLB Bhakti Pertiwi sebagai Bentuk Pengabdian

Tagari Dampingi SLB Bhakti Pertiwi sebagai Bentuk Pengabdian

Written By Pewarta News on Rabu, 30 Maret 2016 | 12.05

Anggota Tagari saat mendampingi siswa SLB.
Yogyakarta, PewartaNews.com – Komunitas Segenggam Mentari (Tagari) Jogja atau yang biasa disebut Tagari Jogja pada hari Sabtu (5/3) mulai melakukan pendampingan pertamanya ke SLB (Sekolah Luar Biasa) yang ada di daerah Prambanan yaitu SLB Bhakti Pertiwi yang beralamat di Jl. Candi Boko KM. 3, Candirejo, Bokoharjo, Prambanan. Pendampingan ini mereka lakukan untuk berkenalan dengan adik-adik SLB dan pengajar disana, serta untuk mengetahui secara langsung bagaimana keadaan adik-adik SLB disana. Apa yang menjadi kegiatan mereka setiap harinya. Kegiatan yang mereka lakukan yang bukan hanya kegiatan belajar dikelas, tetapi juga kegiatan belajar diluar kelas.

Anggota Tagari Jogja pada kedatangannya kali itu, yaitu mengikuti kegiatan adik-adik SLB pada pagi harinya yaitu kegiatan Pramuka. Sesuai dengan konsep yang dibawa oleh Tagari Jogja yaitu bukan hanya konsep mengajar dikelas dalam program pendampingan ini, namun juga proses interaksi bersama adik-adik SLB yang juga mereka lakukan. Hal ini bertujuan untuk melihat apasaja kelebihan-kelebihan dari adik-adik SLB Bhakti Pertiwi dan juga apa saja masalah mereka selama ini. Dan juga melatih anggota Tagari dalam berinteraksi dengan adik-adik SLB yang tidak biasa mereka lakukan sebelumnya.

Kegiatan Tagari Jogja dalam pendampingan kali ini ditemani oleh salah seorang guru Pramuka. Tagari Jogja kemudian mengajak adik-adik bermain dan berinteraksi secara aktif. Seperti bermain tebak-tebakan dan juga mendengarkan salah satu siswa bernyanyi yang merupakan Juara III Provinsi dalam Lomba Menyanyi antar SLB atas nama Vina. Dalam kegiatan Pramuka kali itu dilakukan di lapangan tengah sekolah. Semua kelas ikut berpartisipasi dalam kegiatan Pramuka yang dimulai jam 7.30 sampai 09.00 dan selalu diadakan setiap hari Sabtu.

Kegiatan Tagari Jogja bukan hanya bermain dengan adik-adik SLB Bhakti Pertiwi Unit I tetapi juga SLB Bhakti Pertiwi Unit II. Di Unit II ini lebih mengajarkan keterampilan adik-adik SLB dalam berkreasi. Bisa dikatakan bahwa Unit II adalah laboratorium mereka dalam belajar keterampilan seperti membatik, membuat keset, dan beternak ayam serta kegiatan-kegiatan yang lain. Laboratorium ini bertujuan untuki mengasah kemampuan dan keterampilan adik-adik SLB tingkat SMP dan SMA agar setelah mereka lulus dr sekolah, mereka memiliki keahlian kedepannya.


Penulis: Henni Prasetyowati
Ketua Komunitas Segenggam Mentari (Tagari)

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2017. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website