Headlines News :
Home » , » Berbagi Pengalaman dalam Organisasi OMIP Liberty

Berbagi Pengalaman dalam Organisasi OMIP Liberty

Written By Pewarta News on Kamis, 07 April 2016 | 10.45

Logo OMIP Liberty.
PewartaNews.com – Nama saya Siti Hawa, saat ini lagi menempuh studi pada program studi Ilmu Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Di program studi Ilmu Perpustakaan saya masuk ke salah satu organisasi yaitu OMIP Liberty. OMIP (Organisasi Mahasiswa ilmu perpustakaan) Liberty merupakan organisasi yang bergerak dibidang ilmu perpustakaan yang bertujuan untuk meningkatkan kualiatas dan kuntitas khususnya di jurusan ilmu perpustakaan. Organisasi ini tidak dibawah naungan kampus, namun organisasi ini adalah organisasi independen yang tidak terikat dengan lembaga manapun.

Di dalam organisasi ini mempunyai empat Devisi yaitu:
Pertama, Devisi FORKIP (Forum Kajian Ilmu Perpustakaan). Divisi ini mempunyai tugas atau fungsi mengadakan kegiatan kajian pembelajaran mata kuliah, terutama untuk mahasiswa yang tidak paham dengan mata kuliah tertentu, bisa belajar bersama FORKIP.

Kedua, Devisi KECAPI (Kertas Coretan Anak Perpustakaan Dan Informasi). Divisi ini mempunyai tugas atau fungsi menerbitkan bulletin berisi informasi tentang dunia perpustakaan.

Ketiga, Divisi Kepustakawanan. Bagian job-job lowongan pengolahan perpustakaan. Keempat, Divisi Kewirausahaan. Divisi ini menmpung para anggota OMIP Liberty yang mempunyai jiwa-jiwa wirausaha. Karena Liberty organisasi yang independen, kewirausahaan berfungsi guna mencari dana untuk mensukseskan agenda-agenda yang di rancang oleh kepengurusan OMIP Liberty.

Setelah memahami OMIP Liberty, saya pun mencoba untuk ikut berkecimpung didalam organisasi ini. Disamping sebagai pengalaman, juga guna memperluas wawasan dalam memahami dunia ilmu perpustakaan sesuai dengan jurusan yang saya emban. Diantara ke empat divisi yang berada di organisasi ini saya mencoba ikut bergabung dalam divisi kewirausahaan, karna saya sangat tertarik dengan devisi kewirausahaan ini, sebab saya berfikir mungkin dengan devisi ini saya bisa belajar tentang bagaimana membangun sebuah usaha dan cara-cara berusaha dengan baik dan benar.

Setelah lama masuk dalam organisasi ini saya merasa senang karena dalam organisasi ini khusunya devisi kewirausahaan bisa sedikit tahu tentang berusaha. Dalam organisasi ini banyak kegiatan yang saya ikuti salah satunya ialah kunjungan industri ke tempat Bakpia Patok dengan bertujuan untuk mengolah informasi. Karena pustakawan tidaklah cukup hanya mahir dalam memberi label atau hal-hal teknis lainnya, tetapi seorang pustakawan harus pandai berinteraksi dan bekerja sama dengan pihak lain. Meskipun dulu disaat pertama masuk organisasi ini saya merasa malu sebab tidak ada satu oranagpun yang saya kenal karena dalam kelasku IP S1 hanya saya yang masuk dalam organisasi Liberty, yang lainnya pada ikut oganisasi lain dan ada pula yang tidak bergabung dalam organisasi. Meskipun tidak ada satu orangpun yang saya kenal setidaknya saya merasa senang bisa berkenalan dengan mereka, dapat pengalaman baru dan mempunyai teman baru. Biarpun saya tidak terlalu aktif dalam organisasi itu saya merasa sangat senang sekali karena sudah berada dan menjadi bagian organisasi OMIP liberty. Sekian dan terimakasih.


Penulis: Siti Hawa
Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta / Pengurus Forum Intelektual Muda Ncera Yogyakarta (FIMNY).

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website