Headlines News :
Home » , , » Ini Dia Cara Mudah Memahami Tax Amnesty

Ini Dia Cara Mudah Memahami Tax Amnesty

Written By Pewarta News on Minggu, 21 Agustus 2016 | 10.50

Tax Amnesty. (Foto: lembagapajak.com.)
PEWARTAnews.com – Amnesti pajak (tax amnesty) merupakan program pengampunan pajak yang diberikan oleh Pemerintah kepada Wajib Pajak. Pengampunan pajak yang dimaksud meliputi penghapusan pajak yang seharusnya terutang, penghapusan sanksi administrasi perpajakan, serta penghapusan sanksi pidana di bidang perpajakan atas harta yang diperoleh pada tahun 2015 dan sebelumnya yang belum dilaporkan dalam Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT), dengan cara melunasi seluruh tunggakan pajak yang dimiliki dan membayar uang tebusan.

Dibawah ini kami sajikan cara mudah memahami tax amnesty sebagaimana ditulis kabarpajak.com pada bulan Agustus 2016, seperti yang ditulis dibawah ini.

(1) Budi punya celengan di rumah. Tapi Mamanya selalu cek celengan Budi setiap kali ia memecahkan/membuka celengannya.

(2) Amir juga punya celengan di rumahnya sendiri tapi tidak pernah dicek Mamanya. Maka Budi menitipkan celengan di rumah Amir.

(3) Mendengar celengan Amir tidak pernah dicek Mamanya, teman Amir dan Budi semua menitipkan celengannya di rumah Amir. Inilah yang disebut denfan “OFFSHORE INVESTMENT”.

(4) Suatu hari Mama Amir memeriksa kamar Amir dan mendapati banyak celengan. Ini namanya "ACCIDENTAL AUDIT".

(5) Celengan itu lengkap dengan tulisan nama masing-masing pemiliknya (nama kawan-kawan Amir yang menitipkan celengan). Ini namanya "PANAMA PAPER".

(6) Mama Amir mengontak semua mama dari anak-anak yang titip celengan di rumahnya.

(7) Ternyata Budi menitipkan celengan di sana karena Mamanya memaksa untuk memberi sumbangan setiap Budi memecahkan celengan. Ini yang disebut “TAX/PAJAK”.

(8) Lain lagi si Polan, ia mengisi celengan untuk menyamarkan uang dari hasil memalak teman-temannya. Inilah “MONEY LAUNDERING”.

(9) Sedangkan Badu mengisi celengan dari hasil berjualan es lilin di sekolah tanpa seijin ortu, agar fokus pada sekolah. Ini semacam “ILLEGAL BUSINESS”.

(10) Ketika mama Budi tahu kalau anaknya titip celengan di tempat Amir, mama Budi bilang:
“Nak, simpan aja celenganmu di rumah, Mama tdk usil lagi atau tdk akan cek lagi celenganmu". Inilah yang disebut “TAX AMNESTY”. [MJ / PEWARTAnews]

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2017. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website