Headlines News :
Home » , , , , » Perpustakaan untuk Pendidikan

Perpustakaan untuk Pendidikan

Written By Pewarta News on Selasa, 02 Agustus 2016 | 00.00

Intan Kurniati.
PewartaNews.com – Perpustakaan merupakan suatu gedung yang dimana didalamnya terdapat kumpulan buku-buku yang bisa di jadikan rujukan sumber informasi dan  pengetahuan. Banyak yang beranggapan bahwa pergi keperpustakaan merupakan suatu hal yang membosankan dan memakan waktu, padahal ini adalah pendapat yang salah di artikan di kalangan masyarakat. Peran perpustakaan sangat membantu dalam pendidikan anak bangsa, apalagi generasi muda yang  nantinya akan menentukan maju mundurnya suatu Negara, semakin banyak yang kita baca maka semakin banyak pula ilmu yang kita dapat. Jika generasi muda bangsa malas membaca atau mencari sumber informasi aslinya dari suatu karya, maka selamanya masyarakat hanya bisa copy paste karya orang lain tanpa mau berkarya sendiri, ini benar-benar tidak sesuai dengan dunia pendidikan yang diharapkan.

Tujuan dari adanya bimbingan pendidikan supaya anak didik menjadi pintar dan berilmu, untuk mendukung pendidikan itu sendiri maka disinilah peran perpustakaan untuk membantu mencerdaskan orang-orang berpendidikan. Sesungguhnya perpustakaan itu adalah wahana ilmu pengetahuan dimana kita akan melatih diri untuk mandiri tidak selalu  mengandalkan karya orang lain ketika ada tugas. Dari pada kita harus mengambil contoh  dan mencontek hasil karya orang lain di medsos, lebih baik kita mencoba untuk berkarya sendiri. Akan  lebih berarti dan memuaskan dengan hasil karya sendiri dari pada mengkopi dari karya orang lain. Tidak ada alasan untuk tidak bisa dalam berkarya. Kalau kita melakukan dengan sungguh-sungguh, menjadikan kebiasaan, menciptakan sebuah karya tulis akan dirasa mudah sekali untuk dilakukan. Mulai saja berkarya dengan hal-hal yang kecil dan sederhana, lama kelamaan akan menjadi suatu yang besar dan mungkin saja akan menjadi sesuatu yang bermakna dalam hidup. Tidak ada yang tidak mungkin dalam hidup ini, kalau saja kita mau berusaha dan bersungguh-sungguh. Kunci sukses adalah usaha dan berdo’a memohon kemudahan dan ridho-nya.

Oleh karenanya perpustakaan menyediakan sarana mudah untuk mendapatkan sumber ilmu dan pengetahuan yang kita inginkan. Jangan pernah anggap remeh suatu perpustakaan, karena di dalamnya terdapat sejuta bahkan beribu ilmu pengetahuan dan informasi untuk membantu pendidikan. Perpustakaan tidak akan pernah terlepas dari buku, buku merupakan sumber dari segala sumber yang akan bisa merubah hidup seseorang. Sebagai sumber ilmu yang sangat besar manfaatnya, dalam membaca buku akan sangat membatu menambah ilmu dalam menempuh pendidikan. Pendidikan sangatlah penting dalam hidup ini, oleh karenanya Perpustakaan juga merupakan tempat belajar mengajar seumur hidup. Sebagai tempat belajar perpustakaan sangat berarti bagi pelajar, mahasiswa, maupun masyayarakat umum yang sudah bekerja atau sekedar mencari referensi untuk bacaan. Perpustakaan selalu dikaitkan dengan buku-buku sedangkan buku selalu berhubungan dengan kegiatan belajar.

Oleh karenanya peran perpustakaan sangat penting untuk orang yang sekolah ataupun yang tidak menempuh pendidikan. Seperti yang kita ketahui belajar mengajar itu tidak bisa lepas dari suatu buku. Mengapa harus buku, kenapa tidak yang lain, ada apa  dengan buku?  karena isi buku memberikan  banyak sekali ilmu yang bisa  pelajari dan bisa membantu kita dalam proses belajar mengajar, apabila tidak ada buku kita akan merasakan sangat kesulitan dalam proses memahami suatu wacana atau menyelesaikan tugas. Dalam dunia pendidikan, buku terbukti berguna sebagai salah satu sarana pendidikan. Adapun tempat yang paling cepat dan mudah untuk mendapatkan buku yaitu perpustakaan, di samping cepat dan mudah, buku di perpustakaan sangat mudah untuk di dapatkan karena perpustakaan kebanyakan sudah ada kota-kota besar, namun di daerah-daerah terpencil lainnya masih perlu perhatian lebih dari pemerintah agar ketersediaan perpustakaan merata. Perpustakaan juga harus mampu memenuhi kebutuhan pemakai. Sebagai pengetahuan, pengertian perpustakaan itu merupakan suatu gedung atau ruangan yang dapat digunakan untuk menyimpan koleksi bahan-bahan pustaka, baik berupa bahan tercetak maupun non-cetak dan koleksi tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan pemakai sebagai penunjang setiap program pendidikan, pengajaran, bimbingan bahkan penelitian  pada setiap lembaga sekolah pendidikan dan ilmu pengetahuan. Adapun beberapa fungsi dari perpustakaan yaitu sebagai media pendidikan, tempat belajar, penelitian, pemanfatan teknologi informasi dan sumber informasi. Namun haruslah perlu di ingat bahwa pengaruh peran perpustakaan dalam proses belajar mengajar sangatlah penting dan berpengaruh pada kemampuan pengetahuan pemakaiserta. Disinilah terjadi hubungan yang sangat erat dan bisa dibilang saling bertimbal balik antara pemakai dan perpustakaan.

Perpustakaan yang efektif adalah perpustakaan yang menarik perhatian pemakai, nyaman, tenang dan mempunyai tempat yang cukup bagi pemakai untuk membaca buku dengan leluasa, menulis dan lain sebagainya. Perpustakaan dapat mempengaruhi semangat belajar siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Fasilitas perpustakaan dapat membantu pemakai dalam proses belajarnya yaitu dapat memberikan proses pembelajaran, berbagai macam informasi, menambah wawasan dalam mencapai tujuan pembelajaran.


Penulis: Intan Kurniati
Mahasiswa Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta / Pemerhati Perpustakaan pada Forum Intelektual Muda Ncera Yogyakarta (FIMNY).

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2017. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website