Headlines News :
Home » , , » Efektivitas Pengembangan Pariwisata Daerah Bima Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Efektivitas Pengembangan Pariwisata Daerah Bima Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Written By Pewarta News on Senin, 12 September 2016 | 21.20

Fastabikul Khairat.
PEWARTAnews.com – Perkembangan peradaban manusia saat ini tidak dapat dipungkiri diikuti oleh perkembangan dunia digitalisasi yang sangat luar biasa pesatnya. Dahulunya sistem dilakukan secara manual yang dilakukan oleh masyarakat maka yang terjadi sekarang serba termoderenisasi dengan dunia teknologi informasi yang akan menjadi sabagai salah satu acuan tersendiri bagi perkembangan suatu daerah di masa kini.

Bima adalah salah satu daerah yang ada di Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tepatnya berada di ujung timur Pulau Sumbawa. Bima berbatasan dengan : sebelah timur berbatasan dengan Selat Sape, di sebelah utara berbatasan dengan Laut Indonesia, sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Dompu, sebelah Selatan berbatasan dengan Samudra Hindia dan Kota Bima dikelilingi oleh wilayah Kabupaten Bima. Bima merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki potensi pariwisata yang tidak kalah jauh dari daerah-daerah yang ada di Indonesia lain seperti Lombok, Bali, Raja Ampat dan lain-lain. Karena sebagian wilayahnya dikelilingi oleh laut maka secara otomatis menghasilkan pesona pantai yang eksotis. Secara real pembangunan daerah Bima dari sektor Pariwisata tidak efektif dan efisien yang dilakukan oleh instansi terkait karena konstributif dari sektor pariwisata sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi suatu daerah khususnya Bima.

Konsep atau master plan untuk mengembangkan pariwisata daerah Bima sesuai dengan perkembangan teknologi informasi saat ini yaitu dikembangkanlah sebuah sistem yang terintegrasi yang dahulunya dilakukan secara manual menjadi secara otomatis serta akurat mengenai potensi objek wisata daerah Bima seperti “Aplikasi Mobile” dengan aplikasi mobile yang sekarang menjadi trand diberbagai kalangan masyarakat maka perlu di analisis secara ilmiah dan dijadikan sebuah metode penilitian serta acuan untuk mengembangkan sebuah sistem aplikasi untuk mengeksplore potensi objek wisata daerah Bima. Dalam aplikasi mobile ini akan memberikan sebuah informasi objek wisata daerah Bima secara detail serta dilengkapi dengan peta jalur yang dilalui menuju objek wisata yang terintegrasi dengan google maps secara akurat dan realtime. Sehingga para wisatawan dimudahkan dalam pencarian objek wisata yang ada didaerah Bima.

Peran Pemerintah Setempat yang manjadi ujung tombak terhadap kemajuan serta pertumbuhan ekonomi daerah dalam mengembangkan potensi objek wisata yang selama ini dibiarkan begitu saja tanpa terpelihara denga baik. Kondisi kongkrit yang terjadi di lapangan adalah pembangunan infrastruktur yang tidak memadai seperti pembangunan jalan menuju objek wisata yang masih tradisional yang belum teraspal yang terjadi diberbagai pelosok daerah Bima yang memliki potensi objek wisata yang mempesona. kondisi tersebut yang menjadi kendala bagi masyarakat maupun para wisatawan untuk berkunjung ke daerah Bima. Itu menjadi PR (Pekerjaan rumah) yang harus di pecahkan oleh instansi terkait yang bertanggung jawab atas masalah tersebut.

Pembangunan sebuah daerah tidak lepas dari peran pemerintah setempat dengan masyarakat yang didalamnya terdiri dari kaum pelajar, Mahasiswa dan warga setempat. Ciri khas peran pemerintah setempat ialah pembangunan infrastruktur sedangkan masyarakat adalah mengembangkan usaha yang kreatif yang memiliki daya saing yang mampuni serta menjadi icon yang dikenal di pasar domestic maupun mancanegara. Apabila kedua sisi ini dikembangkan secara efektif dan efisien serta pengembangan Aplikasi mobile yang akan mempermudah wisatawan mencari objek wisata serta informasi lokasi penginapan sebagai penunjang untuk liburan. maka dapat dipastikan Daerah Bima akan mengalami pertumbuhan ekonomi semakin meningkat dan taraf hidup masyarakat Bima semakin sejahtera.

Paket kebijakan yang harus dilaksanakan oleh pemerintah harus relevan dengan kemajuan zaman agar bisa efektif dan efisien dalam melakukan suatu rancangan serta pelaksanaan setiap paket-paket kebijakan yang tetapkan bersama khususnya dalam sektor pengembangan pariwisata daerah seperti yang dikemukakan pada paragraph ke-3 sebelumnya yaitu pengembangan Aplikasi Mobile yang lebih efektif dalam mempromosikan atau mempublikasikan potensi objek wisata. Redaksi yang memperkuat perlunya pengembangan dari aplikasi mobile tersebut ialah media publikasi yang di lakukan oleh pemerintah untuk mempublikasikan potensi wisata menggunakan media Koran, pamphlet, radio, dll tidak terlalu efektif karena minat masyarakat tentang hal tersebut tidak terlalu tertarik untuk membaca maupun mendengarkan melalui media tersebut. Perlu adanya terobosan baru yang dikembangkan oleh pemerintah salah satunya dengan media aplikasi mobile.

Pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar akan meningkat khususnya usaha ekonomi kreatif seperti souvenir, butik, Penginapan, kuliner dll. Karena para wisatawan tidak hanya sekedar melihat pesona wisata daerah Bima tetapi ada hiburan serta buah tangan (ole-ole) yang di bawa pulang ke daerah asalnya. Alangkah baiknya pemerintah setempat harus berpikir secara jeli dan inovatif dalam melihat perkembangan dunai Teknologi informasi agar bisa memanfaatkan sebaik-baiknya media tersebut dalam pengembangan pariwisata demi terwujudnya daerah Bima sebagai destinasi wisata terbaik di Indonesia serta pertumbuhan ekonomi masyarakat Bima yang semakin meningkat dan sejahtera.


Penulis: Fastabikul Khairat
Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.


NB:
Tulisan ini dibuat sebagai syarat mengikuti Kegiatan Workshop Penulisan pada tanggal 23-24 April 2016, bertempat di Gedung Pelatihan Kementerian Dalam Negeri Yogyakarta, yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Mahasiswa Pascasarjana (PUSMAJA) Mbojo-Yogyakarta. Tulisan ini diterbitkan dikarenakan PEWARTAnews.com merupakan salahsatu media partner dalam acara tersebut.

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2017. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website