Headlines News :
Home » , , , » Terkumpul Rp 314 Juta untuk Korban Banjir, KEPMA Bima-Yogyakarta Sampaikan Terimakasih pada Warga Yogyakarta

Terkumpul Rp 314 Juta untuk Korban Banjir, KEPMA Bima-Yogyakarta Sampaikan Terimakasih pada Warga Yogyakarta

Written By Pewarta News on Senin, 09 Januari 2017 | 08.07

Suasana saat pelepasan pengiriman barang untuk korban banjir Bima.
www.pusmajambojojogja.or.id – Menyusul Bencana Banjir bandang yang melanda Kota Bima dan sebagai kecamatan di Kabupaten Bima, Keluarga Pelajar Mahasiswa (KEPMA) Bima-Yogyakarta membuka posko penggalangan dana dan penyaluran bantuan yang berpusat di Asrama Bima “Sultan Abdul Kahir” Yogyakarta, beralamat Jln. Gondosuli, GK IV No 155, Baciro, Kota Yogyakarta. Berbagai organisasi tingkat desa maupun kecamatan andil untuk melakukan penggalangan dana baik di jalan, kampus maupun instansi pemerintahan.

Per tanggal 8 Januari 2017, setidaknya Rp.314.873.200,- berhasil dihimpun untuk disalurkan ke korban banjir bandang. Aliran donasi masih terus mengalir. Tidak hanya berupa uang, bantuan berupa pakaian layak juga berhasil dihimpun untuk kemudian disalurkan. Untuk ekspedisi tahap awal, sekitar 58 koli dikirim via truk. Sedangkan tahap kedua, dikirim via pos dengan jumlah keseluruhan mencapai 50an koli.

“Atas nama warga Bima, kami menyampaikan rasa terimakasih kepada warga Yogyakarta atas tanggapannya yang positif terhadap aksi penggalangan yang kami lakukan. Terlebih lagi pada sejumlah organisasi kampus maupun kedaerahan yang juga terpanggil untuk melakukan penggalangan dana,” ujar Munazar, koordinator 1 aksi penggalangan dana posko Yogyakarta, Minggu (8/1/2017).

Aksi solidaritas dengan turun ke jalan dilakukan dalam empat hari, dari tanggal 22 sampai 25 Desember 2016. Sedangkan penerimaan bantuan berupa transfer via rekening relawan masih tetap dibuka. Aksi solidaritas tanggap bencana tersebut juga tidak hanya dilakukan oleh pelajar asal Bima, sejumlah organisasi dan elemen daerah lain juga ikut andil.

Lembaga atau elemen yang turut andil dalam koordinasi Posko KEPMA Bima-Yogyakarta diantaranya, Pusat Studi Mahasiswa Pascasarjana (PUSMAJA) Mbojo-Yogyakarta; Forum Intelektual Muda Ncera (FIMNY); FORMASI-Sila; Kimia UGM; Fisika UAD Kelas A; FORMAL-Langgudu; IMARA; HIMAWI; PERKASA-Kore; IPMLY-Lambu; HMTA STTNAS; PM-Kobi; Mandholo Kota Bima; Bima-Dompu UAD; IKPM-Dompu; Mahasiswa AMAYO (BIMA + DOMPU); NAGANURI-Sape; HMNY-Ngali; Sanggar Nusantara; Kaligrafi UKM JQH Al-Mizan; Mahasiswa Bima STIKES Aisyah; Kampus IBS STEIY; FORKASY-Tente Woha; Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta; Mesjid Nurul Asri; IMBIGAMA; Mahasiswa Surya Global; PASAKA-Samili Kalampa; AMAYO (IKBM NTB); Universitas Respati Yogyakarta; Persatuan Sampela Mbojo (PSM) UII; FKMK; FORSMAWI; Sastra Indonesia UAD; Alumni SMA 3 Rangkas Blitung 2002; Forum NTB UMY; Matematika UAD; Keluarga Pelajar Mahasiswa SULUT; Fakultas Peternakan UGM; Komunitas Pengajian Herbal; Tekhnik Kimia UAD; HIMMAH NW Yogyakarta; Ikatan Mahasiswa Hu'u Lakey Yogyakarta; Ikatan Pelajar Mahasiswa Kerinci Yogyakarta (IPMKY); BEM FKM UAD; HMI UII; Sanggar Melanesia; HMTA STTNAS; Mahasiswa Woja Dompu; LEM FMIPA UII; Dosen Statistik UII; Mahasiswa Bima APMD; Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung; Kabupaten Meranti dan Kuansing, Riau; Mahasiswa STIKES Aisyiah; Keluarga Wera UNJ; Tim Sukses Pak Hariyadi; Mahasiswa/BEM UMY; Masjid Pangeran Diponegoro Balaikota Yogyakarta; PMII Rayon Pondok Syahadat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta; DPD KNPI DIY; Komunitas Musik & Seni Koba (KOMUBA) Bangka Tengah;  Mahasiswa Sulawesi UAD; Forum Mahasiswa NTB UMY; Jogja Blues Forum, Resque Band Dkk; IPMLU-Yogyakarta; Hamba Allah; Hirzan; Abdullah M. Ali.

Kepercayaan penyaluran bantuan tersebut tidak hanya datang dari donatur yang berdomisili di D.I.Y., dating juga dari daerah lain, seperti Solo, Makassar, Malang, Bandung juga mempercayakan pengiriman bantuannya pada posko KEPMA Bima-Yogyakarta. Untuk memastikan bantuan sampai kepada sasaran, KEPMA Bima-Yogyakarta membuka posko di Talabiu, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima. Sejumlah relawan juga berangkat terjun langsung ke lokasi untuk melakukan aksi penyaluran bantuan.

“Sejauh ini ada beberapa hal yang dilakukan tim Relawan Posko Talabiu Bima yaitu pembagian makanan siap saji, Sembako, air bersih, keperluan bayi, keperluan wanita, seragam sekolah, perlengkapan sekolah dan pakaian layak pakai, dan pelengkapan tempat ibadah. Selain itu, di beberapa lokasi relawan juga membagikan uang tunai.” beber Arif Rahman, Ketua Demisioner KEPMA Bima-Yogyakarta, Minggu (8/1/2017).

Seperti diketahui, bencana banjir bandang menenggelamkan hampir semua wilayah kota Bima dan tiga kecamatan di Kabupaten Bima, yaitu Ambalawi, Wawo dan Sape. Besarnya banjir memaksa sebagian besar warga Kota Bima mengungsi ke tempat-tempat yang dirasa aman. Tidak hanya itu, penyaluran bantuan sempat terganggu karena beberapa titik jalan penghubung Kabupaten-Kota ‘dikuasai’ air, beberapa jembatan juga tumbang diterjang air. Puluhan posko kemudian bersinergi dengan pemerintah kota untuk membantu normalisasi keadaan. (Rizalul Fiqry / PEWARTAnews)


Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website