Headlines News :
Home » , » Ajaklah dan Ajarilah, Jangan Menyuruh!

Ajaklah dan Ajarilah, Jangan Menyuruh!

Written By Pewarta News on Rabu, 22 Maret 2017 | 06.55

Gunawan.
PEWARTAnews.com – Mengajak dan menyuruh merupakan dua hal yang berbeda. Mengajak merupakan tindakan melakukan sesuatu secara bersama-sama. Artinya, bahwa seseorang yang mengajak orang lain juga ikut terlibat dalam hal itu. Sedangkan, menyuruh merupakan tindakan memerintah orang lain tanpa dirinya (penyuruh tersebut) ikut terlibat.

Untuk mempermudah memahami kedua istilah tersebut, saya akan mencoba memberikannya beberapa contoh. Misalnya, orang tua yang menginginkan anak-anaknya supaya rajin shalat berjama’ah di masjid, maka ia harus mengajak anak-anaknya tersebut untuk sama-sama berangkat melaksanakan shalat berjama’ah di masjid tiap kali waktunya tiba. Bukan hanya sekedar menyuruh anak-anaknya untuk pergi shalat berjama’ah ke masjid. Akan tetapi, ia ((baca: orang tua) juga ikut serta. Dalam mengajak itu pula mengandung unsur mengajar. Dengan demikian, anak-anaknya Insya Allah akan senantiasa melaksanakan shalat berjama’ah di masjid.

Contoh lain, misalnya seorang guru dan siswanya dalam hal kegiatan tulis-menulis. Untuk membangkitkan motivasi dan semangat siswa untuk bisa menulis (cerpen, puisi, dan lain-lain), maka guru tersebut harus mengedepankan ajakan dan mengajarkan siswanya untuk menulis, bukan menyuruh. Dengan demikian, siswanya pun ikut termotivasi dan semakin bersemangat untuk menulis, karena diajak dan dibimbing/diajar langsung oleh gurunya (bukan menyuruh).

Saya berpendapat, bahwa rendahnya kemampuan siswa untuk berkarya dalam bentuk tulisan, salah satunya disebabkan oleh rendahnya motivasi dan kurangnya ajakan dari gurunya. Kebanyakan guru, hanya menyuruh saja siswanya untuk menghasilkan karya tulis tanpa ia ikut terlibat di dalamnya apalagi mengajari mereka.

Semoga saja kita semua bisa menjadi inspirasi buat orang lain. Lebih dari itu, kita bisa mengajak orang lain untuk melakukan suatu kebajikan sekecil apa pun itu dan mengajari mereka, bukan hanya sekedar menyuruh.

Wallahu a’lam.


Ditulis pada hari Sabtu, 28 Januari 2017
Oleh: Gunawan
Penulis Buku "SMART Solution"
Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2017. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website