Headlines News :
Home » » Jangan Takut Salah (Motivasi Diri)

Jangan Takut Salah (Motivasi Diri)

Written By Pewarta News on Jumat, 10 Maret 2017 | 21.29

Gunawan.
PEWARTAnews.com – Manusia merupakan satu-satunya makhluk hidup yang sempurna. Sempurna yang dimaksud adalah karena manusia dibekali dengan akal sekaligus nafsu. Lain halnya dengan makhluk-makhluk lainnya. Manusia adalah tempatnya dosa dan kesalahan. Itulah manusia. Dalam aktivitas atau tindakan sehari-hari, seseorang pasti pernah melakukan  kesalahan/kekeliruan. Sekecil apapun itu. Pasti dan pasti, sepasti ilmu pasti.

Sebagai contoh, penulis pemula misalnya. Terkadang memang sebagai penulis pemula, banyak yang kurang percaya diri. Kadang, ia takut naskah yang ditulisnya salah, takut dikomentari oleh orang lain. Parahnya lagi, apabila ia takut menerbitkan karya tulisnya, disebabkan karena takut ditolak oleh penerbit/redaktur. Sampai-sampai karya tulisnya hanya dinikmati oleh seorang diri tanpa dipublikasikan untuk dibaca atau dinikmati oleh orang lain.

Saya berpendapat bahwa orang yang takut salah adalah orang yang takut akan perubahan. Padahal, sejatinya dari kesalahan itulah kita bisa belajar. Paling tidak, agar kita bisa meminimalisir kesalahan tersebut. Supaya tak terulang kembali. Oleh karenanya, jangan takut salah apapun yang kita lakukan. Biarkanlah orang lain yang menilai kita. Kalau kita takut salah atas apa yang ingin kita lakukan, maka bisa jadi kita tidak akan pernah mencoba untuk melakukannya. Lakukanlah “apapun” itu! Percayalah, bahwa dari kesalahan itu pasti kita akan banyak belajar.

Wallahu a’lam.


Ditulis pada hari Sabtu, 14 Januari 2017
Oleh: Gunawan
Penulis Buku "SMART Solution"

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2017. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website