Headlines News :
Home » » Banyak Teman, Banyak Pengalaman

Banyak Teman, Banyak Pengalaman

Written By Pewarta News on Sabtu, 01 April 2017 | 07.51

Ilustrasi. Foto: kompas.com.
PEWARTAnews.com – Pada dasarnya memang manusia tidak bisa hidup sendiri. Setiap manusia pasti butuh pertolongan atau pun bantuan dari orang lain. Oleh karena manusia hidup dalam suatu komunitas atau kelompok, maka setiap orang pasti berinteraksi dengan orang lain. Interaksi dengan orang lain inilah yang menandakan bahwa manusia merupakan makhluk sosial.

Semakin banyak seseorang mengenal orang lain, tentu pengalaman yang ia dapat pun pasti banyak pula. Sebab, ketika bertemu dengan satu orang baru, seseorang pasti akan mendapatkan minimal satu pengalaman baru. Begitu pula bertemu dengan orang-orang lainnya.

Memperbanyak teman itu penting sekali. Sebab, nantinya akan banyak manfaat khususnya buat pribadi masing-masing. Tidaklah rugi bila kita mau memperbanyak teman tiap harinya. Dari teman-teman itulah kita bisa belajar dan mendapatkan berbagai informasi, pengalaman, atau pun pengetahuan. Dengan demikian, kita bisa mengetahui apa saja yang barangkali sebelumnya tidak kita ketahui.

Contoh sederhana, seorang penulis akan jauh lebih baik bila ia mau berteman minimal dengan penulis-penulis lainnya. Sebab, hal demikian bisa memicu dan memotivasi dirinya untuk terus berkarya. Ini juga bisa membuat dirinya semakin kaya akan ide dan inspirasi untuk tetap dan terus menulis. Belum lagi manfaat-manfaat lainnya.

Apalagi kalau kita mempunyai teman dari berbagai daerah dan beragam profesi. Mantap sudah. Bila kita ingin ke daerah yang barangkali belum kita ketahui, namun dengan adanya teman yang kita kenal di daerah yang kita mau kunjungi tersebut, itu bisa menjadi penolong dan penyelamat kita.

Intinya, menurut saya, kita harus memperbanyak teman dalam pergaulan. Jangan batasi diri, apalagi sampai tidak mau berteman dengan siapa pun. Semakin banyak teman pergaulan, apalagi teman dari beragam profesi, maka pengalaman, wawasan, dan pengetahuan kita bisa bertambah luas dibanding sebelumnya.

Alhamdulillah, saya sudah rasakan sendiri. Salah satunya, saya terus mencoba untuk berkenalan dan berteman dengan para penulis di Nusantara ini, walaupun masih sebatas lewat dunia maya. Banyak sekali informasi, pengalaman, dan pengetahuan yang saya peroleh dari beliau-beliau, khususnya yang berkaitan dengan dunia kepenulisan.

Wallahu a’lam.


Penulis: Gunawan

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website