Headlines News :
Home » » Jangan Malu untuk Mengucapkan Terima Kasih

Jangan Malu untuk Mengucapkan Terima Kasih

Written By Pewarta News on Minggu, 30 April 2017 | 09.34

Gunawan.
PEWARTAnews.com – Kata “terima kasih” tentu sering kita dengar dalam keseharian kita. Umumnya dua kata tersebut sering diucapkan setelah kita mendapat bantuan dari orang lain. Entah itu bantuan berupa barang maupun jasa, bantuan berupa tindakan maupun hanya sekedar nasihat. Baik kepada orang yang kita kenal maupun kepada orang yang tidak kita kenal.

Mengucapkan terima kasih tidak hanya sebagai formalitas saja. Namun, ucapan terima kasih kita kepada orang yang telah membantu kita, itu dampaknya sangat besar. Dengan mengucapkan terima kasih, barangkali akan membuat orang lain merasa dihargai, misalnya atas pemberiannya, dan sebagainya. Hal demikian, istilahnya sebagai tanda bahwa kita telah menghargai bantuan yang mereka berikan kepada kita.

Di sisi lain juga, mengucapkan terima kasih kepada orang yang telah membantu kita, setidaknya orang tersebut akan merasa senang dan bisa saja memicunya untuk terus dan selalu termotivasi untuk berbuat baik semampunya lagi. Sebab apa yang telah ia lakukan ternyata mendapat apresiasi dari orang lain. Artinya, apa yang ia lakukan tidak sia-sia.

Setiap orang akan merasa senang bilamana bisa berbuat baik kepada orang lain, apalagi ditambah dengan ucapan terima kasih, hati orang itu akan lebih merasa senang dari sebelumnya. Setidaknya kita bisa membiasakan diri untuk mengucapkan terima kasih kepada siapa saja yang telah berbuat baik kepada diri kita atau pun yang telah membantu kita. Karena mengucapkan terima kasih sangatlah berdampak positif bagi kedua belah pihak.

Ada satu hasil penelitian yang sangat menarik terkait dengan dampak dari ucapan terima kasih ini. Penelitian tersebut telah dilakukan oleh Robert A. Emmons, seorang profesor psikologi di University of California. Hasil penelitian tersebut menunjukkan, bahwa ternyata ucapan terima kasih yang kita berikan kepada seseorang mampu memberikan manfaat bagi kesehatan diri kita sendiri. Sebab secara simultan pikiran kita akan membawa kesehatan pada tubuh kita karena merasakan kepuasan batin dan pikiran.

Wallahu a’lam.


Oleh: Gunawan

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website