Headlines News :
Home » » Batik Lasem, Kreasi Limited Edition Asal Rembang

Batik Lasem, Kreasi Limited Edition Asal Rembang

Written By Pewarta News on Rabu, 10 Mei 2017 | 23.05


Ilustrasi Batik Lasem.
Rembang, PEWARTAnews.com – Rembang Jawa Tengah memiliki ciri khas seni lukis yang berbeda dari daerah-daerah lain, salahsatunya yaitu batik tulis. Batik tulis Rembang yang sudah dikembangkan sejak abad ke 6 sebelum masehi. Batik ini di kembangkan oleh orang keturun Cina asli.
Sehingga motif dan warnanya berbeda dengan batik-batik lainnya. Batik Rembang ini biasa dikenal dengan nama Batik Tulis Lasem. Ciri khas warna Batik Tulis Lasem adalah abang gethi pithik atau bisa disebut merah darah ayam.

Kekhasan batik tulis lasem lainnya adalah pada penamaan desain batiknya yang mengacu pada tata warna, yaitu bang-bangan, kelengan, bangbiru, bangbirjo.

Ada juga motif batik tulis lasem sekar jagad, kendoro, kendiri, gringsing, kricak/watu pecah, pasiran, lunglungan, gunung ringgit, pring pringan, pasiran kawung, kawung melathi, endok walong, bledak mataram, bledak cabe, kawung babagan, parang rusak, parang tritis, latohan, ukel, alge, ceplok piring, ceplok benik, sekar srengsengan, kembang kamboja, dan sido mukti.

Motif Fauna, diantaranya: burung hong (phoenix), naga (liong), kilin, ayam hutan, ikan emas, kijang,  kelelawar, kupu-kupu, kura-kura, ular, udang, kepiting, dan lain-lain.

Motif Flora, diantaranya bunga seruni, peoni, mangnolia, sakura, bamboo, dan sebagainya.

Motif lainnya adalah kipas, banji, delapan dewa, koin uang, dewa bulan.

Batik Lasem ini ternyata limited edition lho! Gak percaya? Makannya beli segera, sebelum keburu habis. Alasan kenapa bisa dibilang limited edition, karena dimana para pembatik membatiknya dengan menggunakan canthing dan dengan pola bebas/kreatif. Sehingga bila stock batik ini habis, maka batik ini tidak bisa dibuat lagi. Meskipun bisa dibuat lagi tapi hasil, bentuk, warna, corak, motif tidak akan bisa sama persis.

Para pecinta batik, tidak perlu risau bila mau mencuci batik lasem, tenang saja, batik lasem ini bila dicuci, aman tidak akan bisa melunturkan warna dan morifnya.

Untuk para pecinta batik, bila ingin memiliki batik-batik asli Rembang, salahsatu pengepulnya bisa dihubungi via, CP: 082134685520, Instagram: nikensari17, BBM: D9EB2AE4, Line: niken2804. (Nisar / PEWARTAnews)
Batik lasem. 

Batik lasem.  

Batik lasem. 



Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2017. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website