Headlines News :
Home » » Resolusi untuk Kepala Daearah Kabupaten Tangerang Agar Lebih Gemilang di Tahun 2018

Resolusi untuk Kepala Daearah Kabupaten Tangerang Agar Lebih Gemilang di Tahun 2018

Written By Pewarta News on Kamis, 11 Mei 2017 | 21.21


Anri Saputra Situmeang, S.H.
PEWARTAnews.com – Pemerintah Daerah di Indonesia adalah penyelenggara pemerintahan daerah menurut asas otonomi dan tugas pembantuan dengan prinsip otonomi seluas-luasnya dalam sistem dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagaimana dimaksud sesuai Pasal 18 Undang-Undang Dasar Tahun 1945 (UUD 45). Apalagi, Negara Indonesia akan menggelar pesta demokrasi Pada tahun 2018, khususnya masyarakat Kabupaten Tangerang dalam rangka memilih kepala daerah.

Penulis berharap kepada masyarakat Kabupaten Tangerang untuk memilih kepala daerah yang bisa melayani masyarakat bukan dilayani dan mempunyai Integritas tinggi/jiwa antirasuah (anti korupsi). Harapan lebih jauh untuk calon kepala daerah yang akan mengajukan diri sebagai kepala daerah, bila kelak terpilih harus mengoptimalkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP), seperti yang tertuang didalam Pasal 3 huruf d yang berbunyi “mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik, yaitu yang transparan, efektif dan efisien, akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan;”. Jika kepala daerah Kabupaten Tangerang mengindahkan UU KIP, itu semata-mata sebagai wujud dari salah satu pemimpin kepala daerah yang mempunyai integritas tinggi dalam anti korupsi.

Penulis memandang, saat ini Kabupaten Tangerang memerlukan kepada daerah yang bisa melakukan point-point penting dibawah ini.

Pertama, Pemerintah Kabupaten Tangerang memberikan edukasi kesadaran dalam hukum (KADARKUM) kepada masyrakat kabupaten Tangerang, sebab Negara Indonesia adalah Negara Hukum, sesuai amanah yang tercantum dalam Pasal 1 ayat (3) UUD 45.

Kedua, Menjamin hak masyarakat Kabupaten Tangerang untuk mengetahui rencana pembuatan kebijakan publik, program kebijakan publik, dan proses pengambilan keputusan publik, serta alasan pengambilan suatu keputusan publik.

Ketiga, Melibatkan dan mendorong partisipasi masyarakat Kabupaten Tangerang dalam proses pengambilan kebijakan publik.

Keempat, Meningkatkan peran aktif pada masyarakat Kabupaten Tangerang dalam pengambilan kebijakan publik dan pengelolaan Badan Publik yang baik.

Kelima, Mewujudkan penyelenggara pemerintah daearah kabupaten tangerang yang baik.

Keenam, Masyarakat Kabupaten Tangerang harus mengetahui alasan kebijakan publik yang memengaruhi hajat hidup orang banyak.

Ketujuh, mengembangkan ilmu pengetahuan dan mencerdaskan kehidupan anak di Kabupaten Tangerang.

Kedelapan, meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi di lingkungan badan publik untuk menghasilkan layanan informasi yang berkualitas dan tidak susah masyarakat untuk mengetahui kinerja kepala daerah Kabupaten Tangerang.

Kesembilan, Mengarahkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), salah satu perangkat Pemerintah Daerah untuk ikut mengoptimalkan pelayanan yang baik demi terwujudnya Good Governance.

Ketika semua akan dilaksanakan oleh kepala darah Kabupaten Tangerang yang akan terpilih nanti pada tahun 2018, akan melahirkan perubahan positif sebagai wujud nyata Kabupaten Tangerang yang gemilang (bercahaya terang) bukan lagi hanya sebagai mimpi belaka.


Penulis: Anri Saputra Situmeang, S.H.
(Direktur Eksekutif Organisasi Penimbang Hukum / Direktur Eksekutif LBH SITUMEANG)
Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website