Headlines News :
Home » » PUSMAJA Road Show dan Bagikan Buku "Bima Berubah" pada Instansi dan Kampus di Kota-Kabupaten Bima

PUSMAJA Road Show dan Bagikan Buku "Bima Berubah" pada Instansi dan Kampus di Kota-Kabupaten Bima

Written By Pewarta News on Senin, 24 Juli 2017 | 20.50

Suasana saat penyerahan buku di STKIP Taman Siswa. 
Bima, PEWARTAnews.com -- Pusat Studi Mahasiswa Pascasarjana (PUSMAJA) Mbojo-Yogyakarta melakukan silaturahmi dengan Pimpinan dan Jajaran Struktural serta Dosen STKIP Taman Siswa pada tanggal 6 Juli 2017. Dalam kesempatan tersebut, TIM Penulis menyerahkan buku "BIMA BERUBAH: Jejak-Jejak Gagasan Intelektual Muda", yang telah mereka tulis guna menyebarluaskan hasil karya mereka dalam rangka ikut kontribusi membangun Dana Mbojo. Mereka juga sebelumnya melakukan hal yang sama di Dinas Keperpustakaan Kota Bima, Dinas Keperpustaaan Kabupaten Bima, STIQ Bima & Pondok Al-Husainy.

Dalam kesempatan tersebut, salahsatu utusan PUSMAJA Mbojo-Yogyakarta, Nawassyarif, S.Kom., menyampaikan bahwasannya yang membedakan antara bangsa barat dengan timur, utara dengan selatan, dan daerah yang maju dan yang tertinggal adalah gagasanya. Gagasan bagaikan jalan, jika tidak ada jalan dan petunjuk, jalan para pengendara pasti bingung menyarahkan kendaraannya. Jika jalan dan petunjuknya bagus pasti memudahkan kendaraannya agar cepat sampai ke tujuannya. Sama halnya pembangun didaerah memerlukan gagasan sebagai jalan menuju dana Mbojo yang berubah ke-arah yang lebih baik dengan langkah yang tepat, cepat dan benar. Gagasanlah yang mengarahkan masyarakat menuju langkah, tindakan maupun kebijakan yang efektif dan efisien. Gagasan yang membangun dibentuk hasil ide cemerlang, ide cemerlang muncul karna semangat budaya literasi, bukan muncul secara tiba-tiba.

Saat momen road show dan silaturrahmi  tersebut, para mahasiswa Pascasarjana dari dana Mbojo (Bima dan Dompu) dengan kerendahan hati menyampaikan beberapa point penting dalam kunjungannya sebagai berikut dibawah ini.

Pertama. Meminta nasehat dari pimpinan Sekolah tinggi dan para dosen senior supaya buku tersebut bisa dipelajari oleh masyarakat dana Mbojo terutama para pengambil kebijakan dan akademisi.

Kedua. Membangun jejaring kerjasama saling menguntungkan baik dalam hal buku maupun dalam bidang berkaitan dengan Pusat Studi Mahasiswa Pascasarjana Mbojo (PUSMAJA) Mbojo-Yogyakarta.

Ketiga. Memohon dukungan supaya buku "Bima Berubah" dijadikan sebagai salasatu pemicu pembangunan dana Mbojo.

Melihat begitu antusiasnya teman-teman pusmaja menyampaikan gambaran umum tentang buku tersebut, Pimpinan STKIP Taman Siswa, Dr. Ibnu Khaldun, M.Si. pun terbesit keinginan untuk bertanya, siapa aja menulis bukunya, dan bagaimana proses terbitnya buku tersebut.

Perwakilan PUSMAJA menjawab bahwa buku tersebut ditulis oleh 21 mahasiswa yang terdiri dari berbagai bidang keahlian yang digeluti, terbitnya buku melalui proses panjang.  Pada mulanya setahun yang lalu PUSMAJA mengadakan pelatihan menulis dan mengadakan kajian-kajian, sehingga hasilnya ditulislah sebuah buku dengan judul "BIMA BERUBAH: Jejak-Jejak Gagasan Intelektual Muda".

Ibnu Khaldun pun juga menyampaikan siap bekerja sama dalam menyebarluaskan, baik melalu kegiatan ilmiah, kepada mahasiswa minimal melalui perpustaannya. Siap bekerja sama dalam menyalurkan potensi mahasiswa Pascasarjana yang siap kembali mengabdi di dana Mbojo khususnya dikampus yang beliau pimpin.

Para Dosen senior STKIP Taman Siswa siap memfasilitasi melakukan bedah buku dikampus kampus tersebut.

Pada waktu yang berbeda, saat Tim PUSMAJA mengunjungi dan silaturahim serta menyerahkan buku ke Perpustakaan Daerah Kota Bima, Kepala dinas keperpustaan Kota Bima, yang biasa disapa umi Ratna, mengatakan akan membuka ruang bagi yang berminat membantu dalam kemampuan profesional dibidang ilmu perpustakaan atau kearsipan dan membutuhkan media untuk meningkatkan minat literasi di kota bima.

Sementara, Sekretaris dinas keperpustakaan Kota Bima yang biasa disapah pak Edi Trisno, mengatakan bahwasannya perpustakaan Kota Bima membutuhkan para intelektual muda melalui inovasi media, sistem informasi dan strategi pembelajaran yang memudahkan pengelolahan perpustakaan dan meningkatkan minat literasi masyarakat.

Usai mengunjungi perpustakaan kota Bima, tidak lupa juga tim pusmaja menyambangi dan menyerahkan buku untuk Perpustakaan Kabupaten Bima. Perwakilan perpustakaan Kabupaten Bima, yang biasa disapah ibu Sahraini, mengatakan siap bekerja sama membantu menyebarluaskan buku tersebut. Beliau berkata pada mahasiswa untuk terus bekarya dengan keahlian yang dimiliki. Juga menyarankan untuk menulis buku-buku bacaan yang kontektual & sesuai karakter dana Mbojo untuk kalangan pelajar.

Saat mengunjungi dengan tujuan yang sama (silaturahim dan penyerahan buku). Pimpinan Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran Bima dan Pendiri Pondok Al-Husainy Bima Tuan Guru H. Ramlin menesaheti agar belajar dengan benar, bersyukur dengan memaksimalkan potensi yang adik-adik miliki, serta terus berkarya dengan pengabdian yang tulus. Karena kesuksesan bukan hanya dilihat dari materi, tapi juga karna rasa syukur kita yang tiada henti.

Eks Ketua Umum Pusat Studi Mahasiswa Pascasarjana (PUSMAJA) Mbojo-Yogyakarta periide 2015-2017, M. Jamil, S.H. mengatakan bahwasannya hadirnya buku ini merupakan bentuk komintmen PUSMAJA berkontribusi nyata untuk tanah leluhur Mbojo. "Ini merupakan bentuk komitmen kami mencoba memberikan gagasan terbaik untuk Mbojo, walau prosesi penerbitan buku ini melalui tahap yang panjang, namun kami coba mewujudkannya, hingga hadirlah buku ini di tangan kita semua," ucap M. Jamil, S.H. yang juga secara struktural di PUSMAJA Mbojo-Yogyakarta periode 2017-2018 menjabat sebagai Koordinator Dewan Pertimbangan Organisasi.

Semoga buku "BIMA BERUBAH: Jejak-Jejak Gagasan Intelektual Muda" tersebut dibaca oleh pengambil kebijakan, para akademisi dalam rangka pembangunan bima ke arah yang lebih baik. (NWS / PEWARTAnews)
Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2017. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website