Headlines News :
Home » , » Pemuda sebagai Jembatan Perdamaian

Pemuda sebagai Jembatan Perdamaian

Written By Pewarta News on Senin, 04 September 2017 | 12.37

Yogyakarta, PEWARTAnews.com -- Sebagai umat manusia pasti menginkan hidup damai. Kehidupan damai adalah sebuah keharusan, akan tetapi, dewasa ini perdamaian antar umat mulai meredup. Meredupnya nilai perdamaian salah satunya diakibatkan oleh tidak ada saling memahami antar agama dan kurangnya pengetahuan tentang agama yang dianutnya maupun agama lain.

Melihat hal itu, Komisi GERMASA GPIB Paulus Jakarta berkerjasama dengan Interfidei Yogyakarta (Institute for Interfaith Dialogue in Indonesia) mengadakan kegiatan “Lokakarya Pemuda Lintas Iman untuk Pedamaian. Dalam keterangan yang disampaikan oleh Jeffrey yang juga ketua panitia acara tersebut, bahwa peserta yang mengikuti lokakarya tersebut adalah datang berbagai latar belakang Agama. Ada dari Agama Protestan, Katolik dan Islam. Ia menambahkan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut adalah sebanyak 75 orang.

Kegiatan yang dilakukan selama tiga hari di Yogyakarta itu, dari tanggal 1-3 September 2017 memiliki tujuan yang mulia. Tujuan dari kegiatan lokakarya ini, menurut Jeffry yang juga sebagai seorang pendeta itu, salah satunya, bahwa agar pemuda bisa saling mengenal agama lain, dengan mengenal dan belajar agama lain maka akan ada dan muncul bibit toleran antar pemuda, umumnya antar umat beragama.

Secara terpisah, Pendeta Adriaan Pitoy menyampaikan bahwa pemuda harus menjadi jembatan perdamaian. Selain itu, dalam lokakarya itu hadir sebagai pemateri KH. Husein Muhammad yang juga sebagai Direktur Fahmina Institute Cirebon. Dalam materinya beliau menyatakan bahwa semua agama harus memberi rasa damai, maka peran pemuda sangat diharapkan sebagai agen perdamaian itu, tandasnya. (Arif Bulan)
Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website