Headlines News :
Home » » KEPMA Bima-Yogyakarta Gelar Sarasehan Pemuda NTB untuk Peringati Hari Sumpah Pemuda

KEPMA Bima-Yogyakarta Gelar Sarasehan Pemuda NTB untuk Peringati Hari Sumpah Pemuda

Written By Pewarta News on Minggu, 29 Oktober 2017 | 20.25

Ketua KEPMA Bima-Yogyakarta Agus Salim saat sambutan acara sarasehan pemuda NTB. 
Yogyakarta, PEWARTAnews.com -- Keluarga Pelajar Mahasiswa Bima (KEPMA) Bima-Yogyakarta melaksanakan Sarasehan Pemuda NTB dengan tema "Pemuda Membangun NTB: Politik, Ekonomi, dan Media" pada hari Sabtu, Tanggal 28 Oktober 2017 jam 14:00-selesai di Aula Asrama NTB Yogyakarta.

Kegiatan sarasehan pemuda ini merupakan kegiatan yang sangat luar biasa karena kegiatan ini megajak mahasiswa-mahasiswi agar mejadi salah satu penggerak maju mundurnya NTB, baik itu di bidang politik ekonomi dan media.

Kegiatan sarasahan pemuda ini menghadirkan para Narasumber yang sangat berkompeten di bidangnya. Diantaranya, materi pertama di sampaikan oleh Munazar, S.Psi., yang merupakan calon megister psikologi di Universitas Ahmad Dahlan (UAD), membawakan materi tentang Pemuda dan Politik.  Munazar mengatakan bahwa politik merupakan proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat, yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam suatu negara. Selain itu, beliau meyinggung tentang daerah-daerah khususnya di NTB dipimpin para orang tua, yang menjadi pertayaan disini dimana kaum muda? Beliau membeberkan, oleh karena hal itu megajak semua kaum muda untuk kembali ke asal dan memajukan NTB, khususnya di bidang Politik.

Materi kedua, disampaikan oleh Muhammad Fuady, S.Farm.Apt., saudara Fuady merupakan Owner Mbojo Souvenir Indonesia. Beliau membawakan materi tentang Pemuda dan Ekonomi. Perekonomian merupakan salah satu aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Dalam momentu Hari Sumpah Pemuda ini, Fuady mengajak semua peserta agar berkecimpung di bidang ekonomi, salahsatunya berkaitan dengan penjualan. Banyak hal yang perlu dikorbankan dan dilakukan kalau kita mau konsisten dalam berkarir di bidang ekonomi, beberapa diantaranya pacaran di tinggalkan (dikurangi), taat ibadah, kurangi bermain, dan hal lain yang tidak mendukung hal yang kita tekuni.

Selain kedua Pemateri diatas, materi selanjutnya disampaikan oleh M. Jamil, S.H., beliau merupakan Direktur Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (LAKPESDAM) Kota Yogyakarta dan salah satu mahasiswa Magister Kenotariatan Fakultas Hukum UGM, membawakan materi tentang Pemuda dan Media. menurut Jamil, media dapat merubah pola pikir (mind set) dan jadi ruang untuk memperkenalkan budaya lokal setempat, dengan cara mempengaruhi cara berfikir suatu kelompok atau kalangan masyarakat tertentu agar menyukai atau mengikuti suatu hal yang baru atau asing bagi mereka. Pemuda yang cerdas tentu akan memetik informasi dari media tersebut untuk membangun daerah dan bangsanya. Pengaruh dari media dapat berdampak positif maupun negatif dan dapat berwujud dalam suatu proses modernisasi ataupun westernisasi. Pesan Jamil, sebagai pemuda harapan bangsa, kita harus gunakan media dengan sewajarnya, jangan salahguanakan media sebagai wadan untuk menyebarluaskan informasi bohong (hoax).

Lancarnya prosesi acara tidak terlepas dari kawalan seorang moderator, yakni Marga Harun (Direktur LMPD), sebelum pemateri menyampaikan materi, Marga memaparkan tentang perjuangan pemuda masa lampau karena pada saat kegiatan bertepatan langsung dengan peringatan hari sumpah pemuda.

Kagiatan berjalan lancar tanpa hambatan, dan interaksi antara pemateri dan peserta punvberlangsung alot sampai akhir dialog. Sebelum penutupan acara ada pembagian kaos hasil kreasi Mbojo Souvenir untuk para penanya,  sesi terakhir tidak lupa juga foto bersama antara pemateri dan peserta. (Jumratun / PEWARTAnews)

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2017. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website