Headlines News :
Home » , » Rektor Se-DIY sepakat akan Deklarasikan Lawan Radikalisme, dan Dikawal Tim Advokat

Rektor Se-DIY sepakat akan Deklarasikan Lawan Radikalisme, dan Dikawal Tim Advokat

Written By Pewarta News on Kamis, 19 Oktober 2017 | 21.33

Tim Panitia saat berkoordinasi dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X.
Yogyakarta, PEWARTAnews.com -- Rektor perguruan tinggi se-Daerah Istimewa Yogyakarta akan gelar aksi kebangsaan dan deklarasi melawan radikalisme di Stadion Mandala Krida Yogyakarta pada 28 Oktober 2017.

"Seluruh rektor di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan akan mengikuti," kata salahsatu Steering Committee (SC) Aksi Kebangsaan Perguruan Tinggi Melawan Radikalisme, Pardiman seusai bertemu dengan Sultan di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Rabu (18/10/2017).

Pardiman mengatakan deklarasi itu berlangsung serentak di seluruh provinsi. Agenda itu merupakan kelanjutan dari Pertemuan Pimpinan Perguruan Tinggi se-Indonesia dengan tema "Aksi Kabangsaan Melawan Radikalisme" yang telah berlangsung di Nusa Dua Bali pada 25-26 September 2017.

Selain diikuti seluruh rektor perguruan tinggi se-DIY. Acara yang digelar serentak di seluruh Indonesia itu diperkirakan juga akan dihadiri 25.000 perwakilan mahasiswa di Yogyakarta.

Ia mengatakan selain pembacaan deklarasi, dalam acara Aksi Kebangsaan tersebut juga akan berlangsung orasi ilmiah yang akan disampikan oleh Gubernur DIY Sultan HB X, perwakilan rektor di DIY, serta menteri.

"Setiap provinsi akan dihadiri satu menteri. Kami belum tahu pasti siapa menteri yang akan hadir di Yogyakarta," ucap Pardiman yang merupakan Rektor Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta itu.

Menurut Pardiman, deradikalisasi penting untuk terus digaungkan di Indonesia. Terkait hal itu, rektor serta masyarakat kampus lainnya, kata dia, memiliki peran efektif untuk mendorong gerakan di tingkat masyarakat. "Tindak lanjutnya antara lain kampus akan mendirikan berbagai pusat studi yang memiliki peran strategis menangkal paham-paham radikal di Indonesia," katanya.

Selain itu,  Sugiarto, S.H., M.H. selaku Koordinator Advokasi Acara mengatakan juga sudah melakukan kordinasi dengan beberapa elemen penting yang ada di Yogyakarta. "Saat ini kami sudah berkoordinasi dengan semua pihak, baik Gubernur, DPRD, Kapolda, Korem dan akan memaksimalkan kerja advokasinya dari pra, hari H, hingga Pasca dalam menyukseskan Deklarasi Kebangsaan Perguruan Tinggi Se-DIY pada tanggal 28 Oktober 2017 di Stadion Mandala Krida, yang akan dihadiri sekitar 25 ribu mahasiswa dari perguruan tinggi Se-DIY. Kami juga sudah menyiapkan team Advokasi yang terdiri dari para advokat-advokat," beber Sugiarto. (PEWARTAnews)
Panitia didampingi Tim Advokasi saat berkoordinasi dengan Wakil Gubernur DIY.

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website