Headlines News :
Home » » LKBH Pandawa gelar Seminar Kebudayaan

LKBH Pandawa gelar Seminar Kebudayaan

Written By Pewarta News on Senin, 27 November 2017 | 14.23

Suasana saat berlangsungnya Seminar. 
Yogyakarta, PEWARTAnews.com -- Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Pandawa menyelenggarakan Seminar Kebudayaan pada hari Senin, 27/11/2017, berlangsung di Teatrikal Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Acara ini di gelar dalam rangka memperingati hari ulang tahun LKBH Pandawa yang ke-2, dengan mengangkat tema "Merawat Kebudayaan dalam Kebhinekaan untuk Mewujudkan Keadilan Sosial".

Acara seminar menghadirkan pemateri yang sangat kompeten di bidangnya, yakni Wadir Bimas Polda DIY Gunawan Trijambodo, S.IK., penyuluh Hukum Madya Kanwil Kemenkum dan HAM DIY Sarjiwo, S.H., M.H., Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto, S.T., M.Si., dan Kabis Sejarah Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan DIY erlina Hidayah Sumardi, S.IP., M.M., serta untuk memperlancar berjalannya acara dimoderatori oleh Agus Bintoro, S.IP.

Direktur LKBH Pandawa Sugiarto, S.H., M.H. mengatakan bahwasannya agenda ini dilaksanakan berangkat dari situasi dan fakta sosial mengenai toleransi atas keberagaman yang sebetulnya merupakan kekayaan budaya Indonesia. Namun hal ini nampaknya tidak disambut baik oleh seluruh masyarakat Indonesia. Keberagaman budaya di Indonesia merupakan sesuatu yang tidak dapat dipungkiri keberadaannya. "Dalam konteks pemahaman masyarakat majemuk, kebudayaan bisa dilihat dari keberagaman suku, bahasa, dan agama yang ada di bumi Indonesia," beber Sugiarto.

Lebih jauh Sugiarto memandang bahwa hadirnya keberagaman tersebut tidak terlepas dari peran manusia sebagai makhluk sosial yang memiliki sebuah ideologi. Sebuah pemikiran yang melandasi segala aktivitas, tingkah laku dan pola fikir yang akhirnya tercipta keharmonisan didalamnya.

"Indonesia adalah Negara yang ideologinya berasaskan Pancasila, dan sebagai warga negara kita diharuskan untuk mengerti, menghayati, mengamalkan dan mengamankannya. Karena Pancasila merupakan landasan terkuat yang tersusun dari berbagai aspek dasar kehidupan," ucapnya.

Lanjutnya, begitu pun dengan keberagaman budaya yang kita miliki merupakan keniscayaan yang ada di bumi Indonesia dengan masyarakat yang tersebar diberbagai pulau dengan berbagai budaya yang berbeda disetiap pulau tersebut, "Sehingga memberikan wujud keharusan kita untuk terus mempertahankan keberagaman budaya tersebut," harap Sugiarto.

Beragam peserta yang hadir dalam kesempatan ini, ada mahasiswa, Organisasi Bantuan Hukum, Paguyuban Angklung Yogyakarta, Komunitas Masyarakat Arus Bawah, serta masyarakat umum.

Acara berjalan lancar, dan terjadi interaksi yang alot antara peserta dan para pemateri. Kemeriahan dan kelancaran acara ini tidak terlepas dari kerjasama antara LKBH Pandawa, Yayasan Garda Pandawa, Paguyuban Angklung Yogyakarta, dan Lembaga Pers Mahasiswa ADVOKASIA Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. (PEWARTAnews)

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2017. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website