Headlines News :
Home » , » KEPMA Bima-Yogyakarta Gelar Kuliah Tamu, Jena Teke Dihadirkan

KEPMA Bima-Yogyakarta Gelar Kuliah Tamu, Jena Teke Dihadirkan

Written By Pewarta News on Sabtu, 02 Desember 2017 | 06.07

Foto bersama usai acara berlangsung. 
Yogyakarta, PEWARTAnews.com -- Keluarga Pelajar Mahasiswa Pelajar (KEPMA) Bima-Yogyakarta telah menyelenggarakan kuliah tamu dengan tema “Membaca Sejarah Kesultanan Bima Perspektif Jena Teke”, pada hari Rabu, 29/11/2017 pukul 15:00 WIB yang berlangsung di caffee Kethek Ogleng, Gowok, Yogyakarta.

Yogyakarta merupakan kota yang dikenal sebagai kota budaya yang sebagian besar komposisi penduduknya adalah mahasiswa/i. Masyarakat Jogja sampai saat ini masih sangat menjaga kearifan kebudayaan lokal, bisa dilihat dari acara-acara yang terselenggara misalnya: wayang Jawa, upacara sekaten, dll.

Acara ini digelar dalam rangka kuliah tamu yang kali ini KEPMA Bima-Yogyakarta berhasil menghadirkan putra kesultanan Bima yaitu Muhammad Putra Ferryandi (Dae Yandi), putra dari H. Ferry Zulkarnain (alm) (Mantan Bupati Bima). Saat ini Dae Yandi sedang menduduki jabatan sebagai putra mahkota atau dalam istilah Bima dikenal sebagai “Jena Teke”, untuk mengatur jalannya acara di pandu oleh moderator Rifaid, S.IP. (Mahasiswa Pascasarjana UMY).

Adanya kegiatan seperti ini, Jena Teke merasa senang dan bangga karena bisa sekaligus dijadikan forum berbagi dan bersilaturrahim. “Alhamdulillah tentu saja saya sangat senang dengan adanya kuliah tamu ini, dalam artian kita tidak hanya menyerap ilmu yang sesuai dengan tema kita hari ini, akan tetapi kita juga dapat berkumpul kembali untuk mempererat tali silahturahim kita. Mungkin sudah lama tidak pernah ketemu akhirnya kita dapat bertemu dengan diadakannya acara ini, saya juga baru pertama kali menjadi narasumber disini (Yogyakarta) untuk saling membagi ilmu agar ilmu tidak berhenti di saya saja supaya bisa bermanfaat untuk orang lain juga," tutur Jena Teke.

Lanjutannya, "Pesan saya untuk mahasiswa di Jogja tidak begitu banyak tapi tidak sedikit juga. Jadi, kita semua hidup didunia ini tidak bisa melupakan sejarah karena kita semua berawal dari budaya-budaya, kebiasaan-kebiasaan yang dari dulu sudah diajarkan, jangan sampai kita melupakanya karena memang ada beberapa yang harus kita terapkan sehingga bisa kita lihat kembali sisi positif dan negatifnya bagaimana perkembangan dunia pada saat sekarang ini,” harap Jena Teke

Ketua Umum KEPMA Bima-Yogyakarta Agus Salim menggambarkan bahwasannya sejarah dan kebudayaat sudah mendarah dan mendaging menjadi sebuah identitas Bima. “Harapannya acara diskusi terkait sejarah dan kebudayaan akan tetap terus ada dan bermunculan. Karena bagaimanapun juga, sejarah dan kebudayaan merupakan bagian dari identitas kita sebagai makhluk sosial karena kita semua adalah anak sejarah,” tutur Agus Salim yang juga sebagai mahasiswa Sosiologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini.

Dalam momentum yang sama, ketua panitia kuliah tamu, Ruslin yang biasa dikenal dengan nama Arlan ini mengatakan bahwasannya dia berterimakasih kepada Jena Teke karena telah sempatkan waktu berbagi dan berdiskusi dengan mahasiswa Yogyakarta. “Saya selaku ketua panitia mengucapkan terimakasih banyak kepada Muhammad Putra Ferriyandi yang telah meluangkan waktunya menjadi juru bicara dalam diskusi kita kali ini, saya juga ingin memberitahukan bahwa acara kuliah tamu yang kami adakan sudah memenuhi target dan sudah sesuai standar yang kami targetkan sebelumnya,” tutur Arlan

Acara ini berjalan dengan lancar, terlihat menarik karena terjadi interaksi dialogis yang aktif antara pemateri dan para peserta. Kesuksesan dan kelancaran acara ini tidak terlepas dari kerjasama dari pengurus/panitia KEPMA Bima-Yogyakarta dan seluruh warga masyarakat Bima yang ada di Yogyakarta.


Yogyakarta, 29 November 2017
Penulis: Nursuciyati
Mahasiswi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta 
Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2017. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website