Headlines News :
Home » » LKBH Pandawa gelar Panggung Budaya

LKBH Pandawa gelar Panggung Budaya

Written By Pewarta News on Kamis, 07 Desember 2017 | 11.06

Informasi kegiatan. 
Yogyakarta, PEWARTAnews.com -- Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Pandawa menyelenggarakan Gebyar Panggung Budaya pada hari Kamis, 07/17/2017 di halaman kantol LKBH Pandawa di Jln. Sultan Agung Nomor 69 Yogyakarta.

Undang-Undang Dasar (UUD) Tahun 1945 dalam Pasal 32 Ayat (1) dijelaskan bahwasannya “Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya”.

Direktur LKBH Pandawa, Sugiarto, S.H., M.H. membeberkan bahwa budaya merupakan salah satu aspek penting dari kehidupan yang kerap kali dianggap sebelah mata. "Kebudayaan mempunyai fungsi yang sangat besar bagi manusia dan masyarakat. Kebudayaan mengatur agar manusia dapat mengerti bagaimana seharusnya bertindak, berbuat, menentukan sikapnya kalau mereka berhubungan dengan orang lain," bebernya

Lebih jauh, Sugiarto mengatakan apabila manusia hidup sendiri, maka tak akan ada manusia lain yang merasa terganggu oleh tindak-tindakannya.

Sugiarto pun membeberkan pentingnya kebudayaan bagi manusia dan masyarakat. Pertama, "Menentukan identitas suatu bangsa tersebut, misalnya ada tarian Klonorojo yang identik dengan tarian jawa klasik gaya yogyakarta," sebutnya.

Kedua, "Budaya merupakan sumber inspirasi, kebanggan dan sumber daya menghasilkan komoditi ekonomi, misalnya: wisata budaya, produk budaya," bebernya.

Ketiga, "Sebagai warisan, budaya disosialisasikan dan diajarkan ke generasi berikutnya," harapnya.

Keempat, "Sebgai pola perilaku, budaya berisi norma tingkah laku dan menggariskan batas-batas toleransi sosial," cuitnya.

Kelima, "Sebagai mekanisme adaptasi terhadap perubahan, proses budaya dalam pembangunan sebagai perubahan social yang berencana," inginnya.

Berdasar pada pentingnya kebudayaan bagi masyarakat, begitulah Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Pandawa dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-2 menyelenggarakan kegiatan ini dengan mengusung tema “Gebyar Panggung Budaya” sebagai pemicu kesadaran masyarakat akan pentingnya pengetahuan budaya itu sendiri yang dikemas dalam bentuk kegiatan-kegiatan menampilkan lagu-lagu daerah yang ada diseluruh Indonesia, Tarian Klonorojo, Orasi Budaya, pembacaan Puisi, dan Orasi Budaya. (PEWARTAnews)
Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2017. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website