Headlines News :
Home » » Belum Lama Dilantik, CBN Kota Yogyakarta Gelar Sosiallisasi Anti NAPZA

Belum Lama Dilantik, CBN Kota Yogyakarta Gelar Sosiallisasi Anti NAPZA

Written By Pewarta News on Sabtu, 28 April 2018 | 19.46


Suasana usai CBN gelar Sosialisasi NAPZA.
Yogyakarta, PEWARTAnews.com -- Dalam Pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1997 tentang Narkotika, memberi pengertian bahwa Narkotika merupakan zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupunsemi sintetis yang menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, menghilangkan rasa, mengurangi hingga menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan/adiktif.

Begitu pentingnya melindungi masyarakat, terutama pemuda dalam menangggulangi bahaya penyalahgunaan narkotika yang telah begitu masif terjadi di Indonesia, termasuk juga di Kota Yogyakarta. Berangkat dari hal itu, Cegah Berantas Narkoba (CBN) Kota Yogyakarta yang merupakan organisasi unit dari Karang Taruna Kota Yogyakarta menyelenggarakan Sosialisasi Anti NAPZA dengan mengangkat tema “Pemuda Jogja Kreatif Tanpa Narkoba” pada hari Sabtu, 28 April 2018 jam 13.00-17.00 di Ruang Bima  Lantai 3 Balaikota Yogyakarta.

Dalam Sosialisasi ini menghadirkan dua pemateri yang kompeten diantaranya, Solihul Hadi, S.H. (Ketua Karang Taruna Kota Yogyakarta) dan Bro Eko Prasetyo (Senior Konselor pada Panti Sosial Pamardi Putra, Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta), dengan dimoderatori oleh Irwan Yunianto (Pengurus Karang Taruna Kota Yogyakarta).

Pada kesempatan itu, Ketua Karang Taruna Kota Yogyakarta Solihul Hadi, S.H. selaku pemateri membeberkan bahwasanya minuman keras (Miras) oplosan di Yogyakarta peredarannya sudah begitu luas dan begitu meresahkan masyarakat, oleh karenanya keterlibatan semua elemen untuk mengambil bagian dalam pemberantasannya sangat diharapkan, dalam hal ini terutama keterlibatan secara intens pemudanya. “Miras oplosan udah gak karuan terjadi di Kota Yogyakarta, yang harus dilakukan bila kita menemukan hal yang mencurigakan terjadi, maka itu tugas kita untuk menelusuri lebih lanjut dengan melibatkan ketua RT RW setempat, bila sudah ada indikasi penyalahgunaan narkoba, segera dilaporkan ke pihak yang berwajib,” ucap Solihul Hadi.

Lebih jauh Solihul Hadi menyampaikan bahwasannya adanya CBN Kota Yogyakarta yang belum lama ini dilantik, mereka akan melebarkan sayapnya untuk membentuk lebih lanjut sayap-sayapnya disemua kelurahan sebagai upaya memudahkan cegah berantas narkoba di seluruh wilayah Kota Yogyakarta. “Belum lama ini CBN dilantik, yang mana pengurusnya terdiri dari 14 orang dari perwakilan semua kecamatan yang ada, dari 14 orang itu akan ditugaskan lebih lanjut untuk membentuk sayap di 45 kelurahan se kota Yogyakarta, tujuan utamanya adalah untuk mencegah dan memberantas narkoba di Kota Yogyakarta lebih masif lagi,” beber Solihul.

Jumlah peserta yang hadir 130 orang dari perwakilan Karang Taruna se-Kota Yogyakarta dan juga perwakilan dari organisasi-organisasi kepemudaan (OKP) di lingkup Kota Yogyakarta. Agenda ini sukses terlaksana atas kerjasama antara Karang Taruna Kota Yogyakarta melalui CBN Kota Yogyakarta, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta, dan Dewan Pengurus Daerah Gerakan Nasional Anti Narkotika Daerah Istimewa Yogyakarta (DPD GRANAT DIY).

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Bro Eko Prasetyo (Senior Konselor) sebagai pemateri kedua, memberikan penjelasan lebih gamblang terkait narkoba dan pencegahannya.  Setelah memberikan sosialisasi pada 130 peserta yang hadir, Bro Eko Prasetyo mengamanahkan kepada seluruh peserta yang hadir untuk menularkan kembali pengetahuannnya yang telah didapat kepada minimal lima orang di kampungnya masing-masing. “Maka saya sangat tersanjung bisa bertemu dengan adik-adik, mulai hari ini anda semua sebagai partnership. Setelah mendapat ilmu dari saya, sampaikanlah pada sekitar anda lima orang, berarti kalau seratus tiga puluh, dikali lima, saya punya networking, saya punya tangan di kecamatan sebanyak 650 orang,” katanya dengan penuh semangat menggebu-gebu. (PEWARTAnews)

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website