Headlines News :
Home » » PAeLAN kirim Kader-Kader Terbaiknya pada Pelatihan Barista Kemenaker RI

PAeLAN kirim Kader-Kader Terbaiknya pada Pelatihan Barista Kemenaker RI

Written By Pewarta News on Senin, 02 April 2018 | 05.30

Para anggota PAeLAN yang akan dikutkan pada Pelatihan Barista Kemenaker.
Surabaya, PEWARTAnews.com -- Ketua Komunitas Pemuda PAeLAN, Set Wahedi melepas sebanyak 10 anggotanya untuk mengikuti pelatihan Barista yang diselenggarakan Kemnaker. Kesepuluh orang ini nantinya diharapkan mampu menampilkan kreatifitasnya dalam mengolah dan memasarkan kopi. "Pertama saya sampaikan terimakasih pada Kemnaker yang peduli terhadap kreativitas anak-anak muda. Kedua, saya berharap dengan pelatihan semacam ini, anak-anak muda akan lebih semangat dalam meningkatkan kemampuan dan kemandiriannya," jelas Set di Bandara Juanda, Senin, 2 April 2018.

Set juga memaparkan, lembaganya yang bergerak di bidang ekonomi, budaya dan lingkungan akan sangat terbantu dalam mengembangkan diri. Para anggota itu, lanjut Set, nantinya akan didorong untuk membuka usaha kedai PAeLAN atau warung kakenini.
"Kita sudah punya usaha kaos krearif kakenini. Kaos yang menampilkan spirit lokal dengan desain milenial. Nah, para anggota yang punya skill mengolah kopi akan kita fasilitasi untuk membuka warung. Semoga tidak hanya pelatihan yang diberikan Kemnaker. Kami berharap Kemnaker bisa bekerjasama dengan PAeLAN dalam membuka lapangan pekerjaan dengan basis anak muda dan ekonomi kreatif," urainya dengan senyum mungil.

Sementara pembina PAeLAN, Anwar Anggasuto melalui sambungan telpon menguraikan pentingnya pelatihan barista bagi anak-anak muda yang tergabung dalam Paelan. "Indonesia itu penghasil Kopi terbesar dan terbaik ke-5 di dunia, tapi yang branded Kopi itu adalah Starbuck. Semoga dengan kalian ikut pelatihan Barista bisa menjadi Barista handal yang mampu menyajikan Kopi terbaik, kita sendiri juga bisa terlibat bangun usaha Kopi sendiri seraya membuka lapangan kerja," tuturnya.

Selain pelatihan, Anwar juga akan mengusahakan untuk mencarikan jaringan usaha, baik berupa pinjaman modal maupun bantuan peralatan dari berbagai instansi pemerintah yang peduli akan kreativitas anak-anak muda dan ekonomi kreatif. "Saya katakan ke mereka, kalian harus mandiri. Anak-anak muda jangan jadi beban orang tua dan negara. Sudah bukan masanya itu diukur dengan jadi PNS, tapi nyuap," tandasnya.

Hal senada juga dilontarkan Staf Khusus Menaker RI, Nur Faizin. Menurutnya, Kemnaker sangat berharap anak-anak muda untuk berkembang dengan segala kreativitasnya. "Makanya, pelatihan barista memang ditekankan lahirnya pelaku ekonomi kreatif dalam merespon pasar. Dengan keahlian ini, mereka bisa untuk membuka cafe atau kedai kopi di daerahnya masing-masing," paparnya.

Pemuda kelahiran Sumenep ini juga menambahkan, bahwa ke depannya tidak hanya pelatihan yang akan dilakukan oleh Kemnaker. Tapi pihaknya juga memberikan bantuan-bantuan yang bisa meningkatkan kreativitas anak-anak muda dalam membaca peluang usaha dan membuka lapangan pekerjaan.

"Sudah kami alokasikan juga bantuan untuk komunitas-komunitas anak-anak muda yang mau mandiri. Dalam waktu dekat, PAeLAN akan mendapatkan bantuan. Sekali lagi kami harapkan, bantuan itu mengembangkan komunitas untuk lebih maju dan bermanfaat buat masyarakat sekitar," pungkasnya. (Arif / PEWARTAnews)

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2017. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website