Headlines News :
Home » » PERKASA Yogyakarta Gelar Pelantikan dan Dialog Publik

PERKASA Yogyakarta Gelar Pelantikan dan Dialog Publik

Written By Pewarta News on Minggu, 20 Mei 2018 | 15.04

Para pemateri dan moderator saat acara dialog berlangsung.
Yogyakarta, PEWARTAnews.com -- Persatuan Kasama Weki Sanggar (PERKASA) Yogyakarta menggelar Pelantikan Pengurus Baru Periode 2018-2019 dan juga dirangkaikan Dialog Publik dengan mengangkat tema "Membentuk Mental dan Karakter Kader PERKASA yang Berkemajuan" pada hari Minggu, 20 Mei 2018 jam 14.00-selesai di gedung PAUD dan Dikmas Daerah Istimewa Yogyakarta.

Momentum kegiatan tersebut menghadirkan pemateri-pemateri yang kompeten dengan tema yang diangkat. Pemateri pertama, M. Saleh Ahalik, S.Pd., M.Pd. (Mantan Ketua PUSMAJA Mbojo-Yogyakarta Periode 2017-2018) dengan sub tema materi penyampaian "Pembentukan Karakter dengan Berorganisasi". Pemateri Kedua, Mir'atun Syarifah, S.Farm. (mantan Sekretaris Umum PUSMAJA Mbojo-Yogyakarta Periode 2017-2018) dengan sub tema penyampaian "Peran Wanita dalam Organisasi". Guna untuk memperlancar acara dialog, hadir sebagai sebagai moderator Cita Suci Resnanda, S.Pd. (mantan Pengurus PUSMAJA Mbojo-Yogyakarta Periode 2017-2018).

Mir'atun Syarifah, S.Farm. (sapaan akrab Mira), mengatakan bahwasannya dalam berperan di masyarakat seorang wanita dan laki-laki itu punya peran yang sama, sama-sama besar sesuai dengan porsinya. "Karena wanita itu tugasnya bukan hanya berfungsi sebagai ratu rumah tangga yang mengurus dapur, anak, keluarga, dan sebagainya. Tapi perempuan itu bisa aktif di beberapa pekerjaan atau kesibukan, contohnya organisasi," ucap Mira.

Mira beralasan bahwa perempuan itu cenderung multitasking jika dibandingkan laki-laki, perempuan bisa melakukan banyak pekerjaan dalam sehari kecuali waktu tidurnya. "Artinya dalam organisasi pun wanita tentunya mengambil peran yang sangat besar, dengan tingkat kecerdasan seorang wanita itu lebih besar dibandingkan laki-laki, kemudian tingkat ketelitian, kreativitas, keuletan dan kemampuan managerial dari perempuan itu sangat bagus," beber perempuan yang sedang menempuh studi Pascasarjana di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta ini.

Lebih lanjut Mira membeberkan bahwasannya banyak hal yang bisa dilakukan oleh perempuan dalam berorganisasi. "Beberapa hal yang menjadi inti dari peran wanita dalam organisasi diantaranya adalah, Pertama, Berbakat dari segi negosiasi. Kedua, Dapat memperluas jaringan/menjalin networking. Ketiga, Penentu suksesnya organisasi. Keempat, Berperan penting dalam pembangunan organisasi," kata Mira.

Bayangkan jika organisasi tidak adanya seorang wanita, kata Mira, mungkin organisasi itu ada tapi yakinlah organisasi itu akan menjadi tidak berwarna, kurang seru dan tidak maksimal dalam menjalankan tugas sesuai visi misi organisasi dengan sebaik-baiknya.

Karena begitu besarnya peran yang bisa dilakukan perempuan, Mira pun mengajak perempuan Indonesia dan juga lebih khusus perempuan Bima untuk berani mengambil peran dalam bermasyarakat atau dalam berorganisasi. "Maka dari sekarang Mira mengajak semua teman-teman, khususnya para wanita Indonesia, khususnya wanita-wanita yang berkiprah di organisasi asal Bima di Yogyakarta untuk terus berperan aktif dalam area organisasi sesuai passionnya, melanjutkan semangat RA Kartini untuk terus memajukan wanita-wanita Indonesia agar menjadi wanita yang cerdas dan bisa memecahkan setiap persoalan yang ada," ketus perempuan berjiwa bisnis ini.

Acara pelantikan dan dialog berlangsung lancar. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Pusat Studi Mahasiswa Pascasarjana (PUSMAJA) Mbojo-Yogyakarta periode 2015-2017, M. Jamil, S.H., Direktur PUSMAJA Mbojo-Yogyakarta Ilmidin, S.K.M., Senior Sanggar Seni Rimpu Yogyakarta Rizalul Fiqry, Mantan Ketua Umum Keluarga Pelajar Mahasiswa (KEPMA) Bima-Yogyakarta Arif Rahman, Ketua Asrama Bima Yogyakarta M. Lubis Arham, S.Pd., Advokat Muda Khairul Rizal, S.H.I., Sekretaris KEPMA Bima-Yogyakarta Muhammad Akhir, perwakilan organisasi-organisasi dibawah naungan KEPMA Bima-Yogyakarta, dan juga mahasiswa-mahasiswi Bima lainnya. (PEWARTAnews)

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2017. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website