Headlines News :
Home » , » FBN RI Se-DIY Gelar Syawalan dan Keakraban

FBN RI Se-DIY Gelar Syawalan dan Keakraban

Written By Pewarta News on Kamis, 05 Juli 2018 | 00.55

Pengurus FBN RI Kota Yogyaakarta usai acara Syawalan FBN RI se-DIY.
Yogyakarta, PEWARTAnews.com -- Minggu 1 Juli 2018 berlangsung rangkaian kegiatan syawalan dan keakraban Forum Bela Negara Republik Indonesia se-Daerah Istimewa Yogyakarta dengan mengusung tema “Semangat Kebersamaan Untuk Mewujudkan Bela Negara.” Kegiatan yang berlangsung di D’Barracs Coffee Shop ini diikuti sekitar 50 orang peserta yang pernah mengikuti Pendidikan Kader Bela Negara di Daerah Istimewa Yogyakarta.


Diungkapkan oleh Ricco Survival Yubaidi, S.H., M.Kn. selaku Sekretaris Forum Bela Negara Kota Yogyakarta, menurutnya kegiatan Syawalan/Halal bi Halal ini digunakan sebagai ajang silaturrahim seluruh anggota FBN. "Halal bi Halal ini memberikan kedamaian dan sebagai ajang silaturahim antar pengurus maupun anggota. Manusia diciptakan oleh Allah SWT untuk saling berbaik hati, berkata lembut, tolong menolong. Namun kadang kala, ada beberapa yang melakukan perbuatan tercela seperti menyakiti hati, mencuri dan lain sebagainya," ucapnya.

Selain itu, Ricco berpesan untuk senantiasa kita meminta maaf dan memohonkan maaf kepada sesama jika pernah ada kesalahan tanpa harus menunggu momen lebaran.

Kegiatan Halal Bihalal yang merupakan tradisi di Indonesia ini telah dikenal sejak lama. Menurut Ricco, istilah tersebut digagas oleh KH Abdul Wahab Chasbullah, salah seorang pendiri NU. "Kisah tersebut bermula ketika Presiden Soekarno memanggil KH Wahab Chasbullah ke Istana Negara pada pertengahan bulan Ramadhan, untuk dapat dimintai pendapat dan sarannya untuk mengatasi situasi politik Indonesia yang tidak sehat," beber Ricco.

Dalam momentum yang sama, Wakil Sekretaris FBN RI Kota Yogyakarta M. Jamil, S.H., juga mengatakan bahwasannya momentum Syawalan FBN se-DIY ini merupakan ajang konsolidasi pengurus dan anggota agar terus membangun kesadaran masyarakat di lingkungan dan profesinya masing-masing, itu semua sebagai bentuk begitu pentingnya keterlibatan kita dalam upaya bela negara. "Kita sebagai masyarakat dan juga pengurus FBN harus terus semangat dalam upaya bela negara sebagai bentuk rasa syukur dan cinta kita terhadap NKRI," katanya.

Dalam kegiatan Syawalan/halal bi halal tersebut, selain hadir pengurus FBN RI DIY, hadir pula para pengurus harian FBN RI Kabupaten Sleman, FBN RI Kota Yogyakarta, FBN RI Kabupaten Gunungkidul, FBN RI Kabupaten Bantul dan FBN RI Kabupaten Kulonprogo. Beberapa pejabat lokal turut hadir dalam acara yang dibalut dengan kemeriahkan musik dan ditutup dengan Ikrar Syawalan dan Foto Bersama. (PEWARTAnews)

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website