Headlines News :
Home » » PP Ulul Albab Balirejo Kota Yogyakarta Gelar Stadium General

PP Ulul Albab Balirejo Kota Yogyakarta Gelar Stadium General

Written By Pewarta News on Kamis, 30 Agustus 2018 | 16.12

Suasana Stadium General yang diselenggarakan PP Ulul Albab Balirejo, 29/08/2018.
Yogyakarta, PEWARTAnews.com -- Ilmu tasawuf masih minim diketahui oleh masyarakat. Berangkat dari hal tersebut, Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo Kota Yogyakarta berinisiasi untuk menggerar "Stadium General" yang bertajuk "Mengenal Lebih Dekat Tasawuf" pada Rabu, 29 Agustus di aula lantai 3 PP Ulul Albab Balirejo Kota Yogyakarta.

Acara Stadium General tersebut, menghadir pemateri yang kompeten dibidangnya, yakni Mudir Aam Pengurus Pimpimam Pusat Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyyah (JATMAN) KH. Wahfiyuddin Sakam, SE. MBA., yang juga kini menjadi Wakil Ketua Komisi Pendidikan dan Kaderisasi Pimpinan Pusat Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Kita semua pasti sering, atau minimal pernah mendengar, lebih-lebih yang beragama Islam, terkait salah satu hadits Nabi Muhammad SAW, yang artinya: “Sesungguhnya di dalam jasad ada segumpal daging, jika ia sehat, sehatlah jasad seluruhnya, jika ia rusak, rusaklah jasad seluruhnya. Gumpalan daging itu adalah Qalbu.” (HR. Bukhori).

Dalam pertemuan tersebut, KH. Wahfiyuddin membongkar satu kekeliruan pemaknaan kata Qalbu dalam pemahaman orang Indonesia. Kita tahu bersama, kata KH. Wahfiyuddin, bahwasannya orang Indonesia mengartikan Qalbu itu sebagai hati. Padahal, menurut KH. Wahfiyuddin, arti sebenarnya Qolbu itu bukanlah hati, melainkan arti qolbu adalah jantung. Sedangkan arti hati dalam bahasa arab, yang benar adalah “Kibd”. Kibd berasal dari kata bahasa arab ‘kibdun, kibdatun’ yang berarti hati (liver).

“Qalbu adalah organ tubuh yang berotot dan berongga, yang memompa darah di dalam sistem sirkulasi darah. Berarti yang benar Qalbu adalah jantung.  Sedangkan Kibd adalah hati (liver),’ ucap KH. Wahfiyuddin yang juga sambil ditampilkan dalam slide Power Point (PPt)-nya.

Acara tersebut, dihadiri juga oleh Ketua Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kota Yogyakarta Hj Fatimah Asmuni, Wakil Ketua FKPP H. Ahmad Yubaidi, S.H., M.H., Tokoh Muda Nahdlatul Ulama Kota Yogyakarta Ricco Survival Yubaidi, S.H., M.Kn., Pengacara Muda DIY Hairul Rizal, S.H.I., dan hadir juga pengurus JATMAN DIY serta pengurus JATMAN Kota Yogyakarta. (PEWARTAnews)
Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2017. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website