Headlines News :
Home » » Epistemologi Baru dalam Kajian Keislaman

Epistemologi Baru dalam Kajian Keislaman

Written By Pewarta News on Senin, 24 September 2018 | 07.01

PEWARTAnews.com – Gagasan pokok buku ini adalah perluasan radius jangkauan fiqh Maqasid Syariah (tujuan-tujaun utama Syariat Islam). Jika Maqashid Syariah pada masa awal menekankan pada penjagaan (protection) dan pelestarian (preservation) atau yang lebih dikenal dengan al-hifzf, Maqashid Syariah kontemporer lebih bernuansa pembagunan (development) dan pemuliaanterhadap Hak-hak Asasi (human rights).

Buku dengan judul asli Maqasid Syariah as Philosophy Law: A Systems Approachini adalah hasil dari creative imajination (istilah Ian G Barbour) Jasser Auda setelah meraih gelar Ph.D di dua bidang ilmu yang berbeda, yaitu filsafat hukum Islam dan analisis Sistem. Jasser Auda mempresentasikan penelitian multi-disipliner dengan tujuan mengembangkan teori Usul Fikih melalalui pendekatan sistem (hlm 28). Selain itu Jasser Auda mereformasi filsafat hukum Islam (ushul al-fiqh) dengan menjadikan Maqasid Syariah sebagai basis pangkal tolak berpikir filosofi  dengan menggunakan pendekatan sistem sebagai metode berpikir dan pisau analisis. Sebuah pendekatan baru yang belum pernah terpikirkan untuk di gunakan dalam diskusi hukum Islam dan ushul al fiqh sebelumnya. Pendekatan ini melahirkan freash ijtihad atau ijtihad-ijtihad yang lebih ‘segar’ yang lebih konteks dan konten dengan problematika masyarakat muslim kontemporer.

Fitur-Fitur Sistem
Ada enam fitur teori sistem yang di tawarkan Jasser Auda. Pertama, kognitif sistem (cognitive nature of system), Kedua, kemenyeluruhan (wholeness), Ketiga, keterbukaan (openness), Keempat, hierarki yang saling mempengaruhi (interrelated hierarchy). Kelima, multi-dimensionalitas (multi-dimensionality). Keenam, kebermaksudan (purposefulness) (hlm86). Pengoprasian enam fitur teori sistem ini pada hukum Islam memberikan kontrubusi signifikan  dalam rangka mereformasi filsafat hukum Islam. Hal ini dapat dilihat dari pergeseran dan perluasan radius jangkauan Maqasid Syari’ah setelah di tambah di sana-sini oleh Jaseer Auda. Misalnya dari menjaga agama (hifz al-din) bergeser menjadi menjaga, melindungi dan menghormati kebebasan beragama dan berkepercayaan. Menjaga jiwa (hifz al-Irdh), bergeser menjadi menjaga dan melindungi martabat kemanusiaan, hak-hak asasi manusia Universal. Menjaga akal (hifz al- Aql) bergeser menjadi, melipatgandakan pola pikir dan research ilmiah, mengutamakan perjalanan untuk mencari ilmu pengetahuan dan menghindari upaya-upaya yang meremehkan kerja otak. Menjaga keturunan (hifz al-nasl) bergeser dengan beroreantasi pada perlindungan yang lebih terhadap instasi keluarga. Menjaga harta (hifz al-mal) bergeser menjadi mengutamakan kepedulian sosial, menaruh perhatian pada pembangunan ekonomi, mendorong kesejahteraan manusia, menghilangkan jurang yang lebar antara miskin dan kaya.

Maqashid baru Jasser Auda menjadikan Human Devolopment atau pembangunan sumber daya manusia sebagai target utama dari maslahah (public interest), sehingga Maqashid dapat dilihat dan di cek perkembanganya dari waktu ke waktu, diuji, dikontrol dan divalidasi melalui human devolopment index dan human defolopment target yang dicanangkan dan dirancang  oleh badan dunia, seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) maupun yang lain. Dengan begitu kemajuan dan kesejahteraan umat Islam dari waktu ke waktu dapat di upayakan, diperjuangkan, diukur dan dipertanggung jawabkan secara publik.

Identitas Buku
Judul : Membumikan Hukum Islam Melalui Maqasid Syariah Pendekatan Sistem
Penulis : Jasser Auda
Penerjemah : Rosidin dan ‘Ali’Abd el-Mun’im
Penerbit : PT Mizan Pustaka
Cetakan : 1, Agustus 2015
Tebal : 356 halaman
ISBN : 978-979-433-902-2
Penulis : Abdul Gafur (Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website