Headlines News :
Home » » HMI Cabang Purwokerto Gelar LK 2 dan SC, Ketua Umum: Mari Kembali ke Desa

HMI Cabang Purwokerto Gelar LK 2 dan SC, Ketua Umum: Mari Kembali ke Desa

Written By Pewarta News on Kamis, 20 September 2018 | 04.01

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Purwokerto. Foto: Akhir.
Purwokerto, PEWARTAnews.com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Purwokerto menggelar kegiatan Intermediate Training (Latihan Kader II) dan Senior Course (SC) Tingkat Nasional, di Balai Diklat Banyumas, (19-30 September 2018).

Lazimnya kegiatan Training di HMI adalah untuk menambah keilmuan dan kesadaran kader-kader mengenai pentingnya regenerasi dalam hal mengawal pembangunan bangsa dan negara demi terwujudkan masyarakat adil, makmur yang diridhoi Allah SWT.

Pasang surutnya eksistensi HMI di tengah dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara juga merupakan salah satu bagian dari tujuan HMI. Oleh karenanya, HMI Purwokerto menggelar training LK 2 dan SC tersebut, guna sebagai kader dapat memehami masalah yang telah diperjuangan dan dilalui oleh organisasi yang bersimbol Hijau Hitam tersebut dengan banyak haru dalam berhimpun.

Refleksi panjang HMI telah sampai pada sebuah kesimpulan bahwa HMI tidak mungkin lagi berjudi tentang masa depan dengan romantika kejayaan masa lalu. Sebab dinamika organisasi yang terjadi selama ini cukup memberikan gambaran sebagai pembelajaran berharga bagi kader HMI.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Isma Nikmatul Aula, terselenggaranya kegiatan ini merupakan upaya untuk menguatkan hader untuk menanamkan rasa memiliki pada HMI. “Tujuan LK 2 dan SC HMI Cabang Purwokerto adalah agar adanya regenerasi kader di HMI, terkhusus kader HMI Cabang Purwokerto, kemudian kader memiliki rasa kecintaan terhadap HMI dan semangat yang tinggi dalam ber-HMI serta mampu membawa HMI Cabang Purwokerto menjadi lebih baik lagi,” bebernya.

Lebih lanjut, Isma mengatakan bahwasannya sejauh ini panitia pelaksana berupaya dengan semaksimal mungkin untuk mensukseskan kegiatan berskala nasional ini. “Jumlah peserta yang mengirim makalah untuk LK 2 sekitar 98 orang peserta yang menjadi utusan dari masing-masing Cabang HMI se-Indonesia, namun yang lolos sesuai dengan presentasi pembuatan makalah di HMI sekitar 47 peserta,” ujarnya.

“Sedangkan untuk Senior Course (SC) sebanyak 26 orang yang kirim Sindikat, namun yang lolos hanya 22 orang saja. Kemudian semua peserta akan mengikuti Screening pada tanggal 19-23 September 2018 dan Kegiatan training LK 2 dan SC akan berlangsung mulai pada tanggal 23-30 September 2018 di Balai Diklat Banyumas,” tuturnya.

Kemudian dalam momentum yang sama, Ketua Umum HMI Cabang Purwokerto Romi Fredyanto, menuturkan bahwa tujuan pengadaan training ini adalah agar kader HMI kembali kedesa, dengan upaya untuk menguatkan nasionalisasi dan pemberdayaan masyarakat yang sering kali banyak dilupa dan kader HMI mampu merasionalisasikan kebutuhan masyarakat secara realistis dan profesional.

“Kader HMI harus benar-benar terlibat aktif dalam mengawal bangsa dan negara, kemudian untuk mengawal itu semua perlu kita kembali ke desa-desa, karena kemakmuran dan kesejahteraan yang ada di Indonesia ini ialah melalui desa,” celoteh Romi.

Lebih jauh, Romi Fredyanto mengatakan, “Kami menyampaikan ucapan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan LK II tingkat nasional ini. Terutama bagi HMI Cabang se-Indonesia yang telah mengirim kader-kader terbaiknya sebagai utusan atau perwakilan dalam megikuti training. Mudah-mudahan kami bisa menjadi tuan rumah yang baik,” lanjutnya. (Muhammad Akhir)

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website