Headlines News :
Home » » IKA-IH dan HMPS-IH UIN Sunan Kalijaga Gelar Workshop Profesi Hukum

IKA-IH dan HMPS-IH UIN Sunan Kalijaga Gelar Workshop Profesi Hukum

Written By Pewarta News on Sabtu, 29 September 2018 | 22.58

Pengurus IKA-IH UIN SUKA usai pelantikan, 27/09/2018.
Yogyakarta, PEWARTAnews.com – Hari Kamis 27 September 2018 mulai pukul 08.30-17.00 WIB telah diselenggarakan Workshop Profesi Hukum dengan tema “Membangun Mahasiswa Hukum yang Professional dan Berintegritas Tinggi Sebagai Pemegang Keadilan di Masa Depan.” Acara ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum (HMPS-IH) yang bekerjasama dengan Ikatan Alumni Ilmu Hukum (IKA-IH) di Teatrikal Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Acara ini bersifat terbuka bagi umum dan dihadiri lebih 100 orang peserta.

Sebelum workshop profesi hukum digelar, terlebih dahulu dilaksanakan pelantikan Pengurus Ikatan Keluarga Alumni Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga (IKA-IH UIN SUKA) Yogyakarta periode 2018-2023. Pelantikan ini hadiri dan dilantik langsung oleh Ibu Dr. Sri Wahyuni selaku Wakil Dekan Bagian Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Seusai pelantikan tersebut, M. Jamil, S.H. selaku ketua pengurus IKA-IH UIN SUKA memberikan sambutan. Dalam kesempatannya, ia menyampaikan terimakasih kepada panitia pelaksana yang telah mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan hingga pelantikan berjalan dengan lancar. “Semoga pelantikan ini tidak hanya sebatas serimonial lima tahunan saja melainkan dapat memberikan kontribusi yang nyata kepada almamater,” Tegasnya. “Setelah keluar dari ruangan ini, pengurus IKA-IH akan menjembatani alumni untuk memberikan beasiswa mahasiswa Ilmu Hukum yang memiliki kendala finasial berbentuk beasiswa (adik asuh),” Imbuhnya.

Lebih lanjut M. Jamil mengatakan, “Selain menjembatani para alumni untuk memiliki adik asuh, IKA-IH juga akan berupaya terus membina adik-adik mahasiswa dalam mengembangkan bakat profesi yang dimiliki para mahasiswa dengan melibatkan para alumni. Hal ini juga sebagai momentum berharga bagi para alumni untuk berkontribusi pada almamater tercinta,” bebernya.

Setelah pelantikan ini selesai, lalu dilanjutkan dengan penggelaran workshop profesi hukum. Acara ini dihadiri oleh empat narasumber yang diantaranya adalah Perdana Nur Ambar Setyawan, S.H. selaku Advokat Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI) yang berbicara banyak tentang tugas pokok dan fungsi dari seorang pengacara dan sejarah pengacara di Indonesia.

Pembicara kedua adalah Putri Dresthiana Werdoyo, S.H., M.Kn. selaku Notaris yang dalam pemaparannya lebih fokus pada bagaimana kedudukan seorang notaris di Indonesia. Sedangkan, Amalia Kamiliya, S.H.I., M.H. selaku Calon Hakim Pengadilan Agama Sleman membahas peran seorang hakim dalam penegakan hukum di Indonesia Dan Purwanto, S.H., M.H. selaku pembicara terakhir dan sekaligus sebagai Lagal Drafter KemenkumHAM DIY lebih banyak mengupas isi dari Undang-Undang Nomor 12 Tahun 11 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan.

Masing-masing narasumber secara umum memaparkan terkait profesi yang digelutinya. Hanya saja, di antara mereka ada yang memberikan tips untuk menjadi calon penegak hukum yang professional dan berintegritas tinggi. Salah satunya adalah Perdana (Advokat). Ia menyampaikan, “Satu modal penting yang harus dimiliki oleh seorang penegak hukum yaitu keyakinan (soft skill) dan kepiawayan dalam bersikap, bertindak di muka publik,” ucap Perdana. (Saiful)

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website