Headlines News :
Home » » Karang Taruna DIY Gelar Ekspedisi Kemanusiaan untuk Lombok NTB

Karang Taruna DIY Gelar Ekspedisi Kemanusiaan untuk Lombok NTB

Written By Pewarta News on Kamis, 20 September 2018 | 03.51

Karang Taruna DIY saat gelar Ekspedisi Kemanusiaan di Lombok NTB. Foto: Istimewa.
Yogyakarta, PEWARTAnews.com -- Peristiwa gempa yang memilukan belum lama ini terjadi pada keluarga kita di Nusa Tenggara Barat (NTB). Peristiwa yang memakan lima ratusan lebih korban jiwa meninggal dunia dan juga lebih dari tiga ratus ribu mengungsi itu tepatnya terjadi di Lombok dan sekitarnya.

Mendengar peristiwa tersebut, belum lama ini Karang Taruna Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tergerak hatinya untuk peduli pada peristiwa gempa yang terjadi di Lombok, dan berhasil mengumpulkan bantuan dari karang taruna se-DIY. Uang yang terkumpul dibelanjakan logistik berupa terpal, keperluan bayi, keperluan wanita, kebutuhan untuk sekolah darurat dan sembako, ada juga pakaian layak pakai. Bantuan yang telah dikumpulkan, Tim Karang Taruna DIY sudah mengirim langsung ke Lombok Utara dan Lombok Barat.

Gusti Kanjeng Ratu Condrokirono selaku Ketua Karang Taruna DIY mengutus Solihul Hadi, S.H. (Ketua Karang Taruna Kota Yogyakarta) dan Luthfi Eka Septerina (Koordinator seksi Kebencanaan Karang Taruna DIY), untuk mengawal dan memastikan distribusi bantuan dari Karang Taruna DIY tepat sasaran dan diterima langsung oleh masyarakat yang terdampak gempa.

Solihul Hadi, S.H. dan tim sebagai utusan ekspedisi kemanusiaan untuk Lombok, saat tiba di Lombok langsung berkoordinasi dengan pemerintah setempat dan Ketua Karang Taruna NTB Ma'ruf Syamsuddin, Kepala Dinas  Sosial NTB H. Ahsanul Khalik, S.Sos., M.H., Bapak Bupati Lombok Utara, Ketua Karang Taruna Lombok Utara, serta teman-teman Karang Taruna Lombok Barat.

Menurut Solihul Hadi, S.H., koordinasi dilakukan untuk bisa memetakkan lokasi-lokasi korban gempa yang terjadi dan juga agar bisa dengan mudah menyalurkan bantuan tepat sasaran.  "Koordinasi ini dilakukan agar penyaluran bantuan tersebut bisa tepat sasaran, efektif dan efisien, karena karang taruna itu sendiri berdasar pada Permensos 23 Tahun 2013 adalah organisasi yang dinaungi oleh Kementerian Sosial dan pemerintah setempat. Maka kegiatan kemanusiaan seperti ini merupakan salahsatu agenda penting yang harus dilakukan oleh Karang Taruna," beber Solihul Hadi pada 17/09/2018 setelah sampai kembali di Yogyakarta usai melakukan ekspedisi kemanusiaan di Lombok NTB. 

Setelah sukses menyalurkan bantuan untuk korban gempa di Lombok, Gusti Kanjeng Ratu Condrokirono dalam hal ini mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi baik secara materil maupun imateril dalam menyalurkan bantuan ke Lombok pada misi kemanusiaan. Selain itu, GKR Condrokirono juga mengucapkan terimakasih yang tak terhingga pada Dinsos NTB, Pemerintah dan Karang Taruna setempat karena telah membantu menyalurkan bantuan pada korban gempa. (PEWARTAnews)

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website