Headlines News :
Home » » Karang Taruna Kota Yogyakarta Gelar Lomba Siskamling Kreatif

Karang Taruna Kota Yogyakarta Gelar Lomba Siskamling Kreatif

Written By Pewarta News on Selasa, 25 September 2018 | 23.50

Suasana Acara Karang Taruna Kota Yogyakarta.
Yogyakarta, PEWARTAnews.com -- Karang Taruna Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Karang Taruna Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), melaksanakan lomba Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) Kreatif. Kegiatan positif kepemudaan ini mengangkat tema “Kita Pancasila”, sebagai upaya pemuda untuk memupuk nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Agenda lomba yang diikuti total 45 peserta ini, telah terpilih lima besar terbaik, yakni Karang Taruna Kelurahan Giwangan, Gondokusuman, Mantrijeron, Conkrodiningratan, dan Karang Taruna Kotagede. Para juara tersebut, memperoleh piagam, trofi, dan uang pembinaan. Penyerahan hadiah dilaksakan pada hari Senin (17/09/2018) lalu di Kantor Kecamatan Jetis,  Kota Yogyakarta.

Ketua Karang Taruna Kota Yogyakarta, Solihul Hadi, S.H., mengatakan, sebagai generasi muda milenial, Karang Taruna dituntut berkreasi positif. “Tidak bisa dipungkiri, generasi muda milenial memiliki banyak inspirasi kreatif yang dapat diimplementasi dalam lingkungan masyarakat, karena itu kami menggelar lomba ini,” kata Solihul melalui rilisnya 25/09/2018.

Menurut mahasiswa Notariat FH UGM ini, lomba Siskamling Kreatif ini dilaksanakan untuk mengedukasi makna Pancasila secara menyeluruh. “Dengan menghidupkan Siskamling, otomatis kita telah melestarikan budaya nusantara, karena makna Siskamling bukan sekadar menjaga keamanan, namun juga berfungsi merawat kebersamaan dalam membangun semangat gotong-royong untuk mengembalikan fungsi sosial yang bertanggung jawab,” tandasnya.

Ketua Panitia Lomba Siskamling Kreatif, Suprihatin menambahkan, lomba ini memberikan ruang terhadap pemuda se-Kota Yogyakarta untuk ikut menjaga keamanan kampungnya, sekaligus membumikan nilai-nilai Pancasila.

Hal yang sama diungkapkan Ketua Karang Taruna Karangwaru, Saleh mengatakan bahwa Siskamling Kreatif ini sangat positif untuk mendukung para pemuda. “Kegiatan ini sangat positif untuk mensupport pemuda peduli dengan lingkungannya. Apalagi diberi tema Pancasila, sehingga memiliki multi manfaat, salah satunya memupuk nilai-nilai Pancasila pada diri pemuda itu sendiri,” ungkapnya.

Lebih jauh, Saleh berharap dengan adanya lomba tersebut, tidak hanya dilakukan saa ini saja. Tapi berkelanjutan. “Karena ini positif, sebagai pemuda kami berharap agar lomba ini bisa berjalan secara continue, berkelanjutan, sehingga nilai-nilai pancasila dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.
Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website