Headlines News :
Home » » Konsisten Mengawal Generasi Milenial Memahami Hukum, PKB Kota Jogja Gelar Halaqoh Series

Konsisten Mengawal Generasi Milenial Memahami Hukum, PKB Kota Jogja Gelar Halaqoh Series

Written By Pewarta News on Minggu, 09 September 2018 | 21.50

Advoat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Hairul Rizal, S.H.I. (Pemateri / baju berkerah panjang) dan Abidin (moderator) saat acara Halaqoh Series yang dikemas dengan santai di Kantor PKB Kota Yogyakarta, 07/09/2018.
Yogyakarta, PEWARTAnews.com – Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kota Yogyakarta gelar diskusi bertajuk “Mengupas Sistem Hukum di Indonesia” pada hari Kamis, 07/09/2018, di kantor PKB Kota Yogyakarta.

Halaqoh ini dikemas dengan santai untuk memicu semangat dan melatih kekritisan berfikir para generasi milenial. Sebagai pemicu adrenalin dalam berdiskusi, halaqoh ini menghadirkan pemantik yang kompeten dalam bidangnya, yakni salahsatu Adkokat Muda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Hairul Rizal, S.H.I., dan untuk mengawal kelancaran acara hadir sebagai moderator yakni salahsatu Mahasiswa Hukum Universitas Janabadra (UJB) Yogyakarta Abidin.

Hairul Rizal yang juga merupakan alumni Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini mengatakan bahwasannya suatu sistem hukum yang berlaku di Indonesia merupakan suatu kesatuan yang terdiri dari unsur-unsur yang mempunyai interaksi satu sama lain dan bekerja sama untuk mencapai tujuan kesatuan tersebut. Kesatuan tersebut diterapkan terhadap kompleks unsur-unsur yuridis seperti peraturan hukum, asas hukum, dan pengertian hukum.

“Suatu sistem adalah satu kesatuan. Antara satu dengan yang lainnya saling berkaitan. Hukum merupakan sebuah aturan yang dimana keberadaannya untuk mengatur dan menata. Sehingga ketika kita mendengar sistem hukum, berarti ini adalah suatu kesatuan yang dimana dari bagian-bagian atau sekumpulan elemen, yang dimana antara satu dengan yang lainnya saling berkaitan. Berarti dalam sebuah sistem hukum itu berarti perkumpulan dari berbagaimacam elemen-elemen yang kemudian itu dirancang untuk mencapai tujuan bersama,” beber Rizal.

Lebih lanjut Rizal membeberkan bahwasannya sistem hukum di dunia ini secara umum terdiri dari sistem hukum Eropa Kontinental dan Sistem hukum Anglo Saxon atau dikenal juga dengan Common Law Sistem. “Sistem hukum di dunia ini ada sistem hukum Eropa Kontinental dan Sistem hukum Anglo Saxon. Kalau di Indonesia, selain pengakuan pada sistem hukum yang tertulis, juga ada pengakuan pada sistem hukum agama dan sistem hukum adat,” ucapnya.

Acara tersebut, dihadiri para generasi milenial yang rata-rata kuliah di berbagai kampus negeri maupun swasta di Yogyakarta. Selain itu, dihadiri juga oleh beberapa calon DPRD Kota Yogyakarta dari PKB, salahsatunya Calon Legislatif Kota Yogyakarta Dapil 5, Nurul Ihsan, S.H., daerah pemilihan Kotagede dan Umbulharjo.

DPC PKB Kota Yogyakarta konsisten mengawal generasi milenial untuk memahami hukum, dan pertemuan ini merupakan pertemuan keempat. Sebelumnya sudah 3 kali dilakukan pertemuan yang sama, pertama membahas "Mengenal Pengantar Ilmu Hukum di Indonesia", kedua membahas "Mengupas Pengantar Ilmu Hukum di Indonesia", pertemuan ketiga diselang dengan ngaji kitab kuning "Fathul Qorib", dan pertemuan keempat ini mengangkat tema "Mengupas Sistem Hukum di Indonesia". Pertemuan yang akan datang akan mengangkat tema bertajuk "Mengupas Penegakan Hukum di Indonesia", diselenggarakan pada hari Kamis, 13 September 2018 di Kantor PKB Kota Yogyakarta. (PEWARTAnews)

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2017. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website