Headlines News :
Home » » Fakultas Syariah dan Hukum Gandeng MK RI Gelar Seminar Nasional

Fakultas Syariah dan Hukum Gandeng MK RI Gelar Seminar Nasional

Written By Pewarta News on Rabu, 17 Oktober 2018 | 19.37

Suasana saat Acara berlangsung.
Yogyakarta, PEWARTAnews.com -- Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bekerjasama dengan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia telah menyelenggarakan Seminar Nasional pada Hari Jum'at 12 Oktober 2018 di Convention Hall UIN Sunan Kalijaga yang bertajuk, "Membangun Kesadaran Demokrasi dan Hak-hak Konstitusional Warga Negara dalam Wadah NKRI."

Seminar ini, di hadiri oleh Prof. Saldi Isra, SH., MH., selaku wakil ketua MK RI, dan Prof. Ratno Lukito, MA., Ph.D, serta Prof. Mahfud MD sebagai Pemateri. Kesemua narasumber menyampaikan materi sesuai bidangnya masing-masing. Guna untuk memperlancar jalannya acara, kegiatan ini dimoderatori oleh Nur Ainun Mangungson, SH., MH., selaku guru Perbandingan Hukum Tata Negara.

Momentum dalam kesempatan ini, Prof. Saldi Isra menyampaikan bagaimana cara membangun keadaban bangsa yang besar seperti Indonesia. Menurutnya, "Generasi muda harus memiliki dua modal besar, yaitu; mampu menulis dengan baik dan mampu menyampaikan dengan lisan dengan baik pula. Untuk itu, mahasiswa harus menjadi pembaca yang baik," tandasnya.

Prof. Ratno sebagai pembicara yang kedua, dan sekaligus Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, juga menyampaikan, "Bernegara bagi masyarakat itu adalah hal yang fitrah. Artinya, tidak ada masyarakat tanpa adanya negara begitu juga sebaliknya," bebernya.

Sedangkan Prof. Mahfud MD, membahas apa dan bagaimana sebabnya Indonesia memilih konsep negara yang demokrasi, dan bagaimana politik hukum saat ini. Beliau menegaskan bahwa, "Indonesia tidak menganut atau menggunakan konsep Trias politica melainkan menganut hastaas politica (delapan lembaga tinggi negara)," ucap Mahfud.

Penggelaran kegiatan ini, bertujuan untuk meningkatkan daya kritis dan kualitas yang konstitusional bagi para peserta yang hadir, yang harapannya agar Indonesia menjadi sebuah negara yang memiliki keadaban yang besar dan sesuai dengan nilai-nilai luhur, yaitu Pancasila. Acara ini terbuka untuk umum dan dihadiri kurang lebih 200 peserta. (Saiful Bari)
Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website