Headlines News :
Home » , » Profil ROCHMAD, Dari Aktif Jadi Jurnalis Hingga Tetapkan Diri Jadi Politisi

Profil ROCHMAD, Dari Aktif Jadi Jurnalis Hingga Tetapkan Diri Jadi Politisi

Written By Pewarta News on Jumat, 02 November 2018 | 17.38

Yogyakarta, PEWARTAnews.com – Lelaki gagah berkumis tipis, Rochmad namanya. Biasa dikenal luas dengan nama Kang Rochmad. Kini menginjak usia 43 tahun, yang terlahir sebagai anak ke-2 dari tiga bersaudara. Kang Rochmad diwarisi darah dan bakat politik dari kakek dan sang ayah. Di era tahun 60an, kakeknya, Mbah Wir Wakidi, adalah seorang Carik Desa. Sedangkan ayahnya, bernama bapak Mujari. Ketika era Orde Baru, ayahnya adalah seorang politisi sebuah partai yang berbasis agama, yang dikala itu, hanya terdiri dari tiga partai politik. Sekarang, di usianya yang memasuki 70 tahun, sang Ayahnya mengabdikan hidupnya, untuk mengajar mengaji anak-anak di kampung halaman.

Semenjak kecil, Rochmad sering diajak ayahnya untuk turut serta dalam kegiatan di berbagai organisasi masyarakat (ormas) maupun organisasi politik. Ditambah lagi, dengan kegemarannya, ketika masih kecil, suka sekali dengan membaca, baik koran ataupun majalah. Pelan-pelan, terasahlah minat dan bakat Rochmad kecil di bidang politik. Ketika memasuki era Reformasi pada tahun 1998, Rochmad turut bergabung dengan kelompok mahasiswa. Saat itu, organisasi tersebut bernama Forum Kota (Forkot), dan juga sempat mengikuti demonstrasi mahasiswa di Jakarta, kala terjadi peristiwa heboh di kampus Trisakti, persisnya berlokasi di Jakarta Barat dan Semanggi II.

Pada tahun 2008, kegemaran membaca, mengantarkan Rochmad turut bergabung dalam sebuah perusahaan media lokal di Yogyakarta, yakni koran Harian Meteor (Jawa Pos Group), duduk sebagai asisten reporter. Kemudian di tahun 2011, masih dalam naungan Jawa Pos Group, Rochmad ditempatkan di koran Harian Jogja Raya, menempati posisi sebagai biro iklan. Setahun kemudian, berbekal ilmu dari Jawa Pos, tentang pengelolaan sebuah perusahaan media, Rochmad mendirikan sebuah perusahaan media tabloid bulanan, bernama Ekspos dengan konten khusus Usaha Kecil Menengah (UKM).

Tak berselang lama, Rochmad dipertemukan kembali dengan sahabat karibnya, bernama Aryanto, yang sudah Rochmad kenal sejak lama. Rochmad  dan Aryanto berpisah cukup lama, karena Aryanto bekerja di kapal pesiar, milik perusahaan Amerika. Kini, Aryanto telah memiliki beberapa perusahaan. Termasuk di antaranya; Bakpia Soemadigdo, Ulam Tirta Resto, LPK Sun Marino, merupakan beberapa usaha yang sedang dikelolanya. Di tahun 2012, bersama Aryanto, Rochmad mendirikan sebuah perusahaan media koran mingguan bernama Metro Raya, dan Rochmad duduk sebagai pemimpin redaksinya.

Di tahun itu juga, Rochmad dikukuhkan sebagai wartawan muda, oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), yang berkantor pusat di Jakarta, setelah mengikuti safari jurnalistik, yang diselenggarakan di kampus Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Yogyakarta. Berprofesi sebagai wartawan, Rochmad menyadari, tugas jurnalistik hanya terbatas pada menceritakan peristiwa yang bersumber pada data di lapangan, tanpa menambahi maupun mengurangi.

Seringkali, Rochmad juga merasakan keresahan, menjumpai kenyataan di lapangan, perihal berbagai kebijakan pemerintah, yang terkadang tidak sesuai dengan yang seharusnya. Sebagai wartawan, Rochmad tidak kuasa berbuat sesuatu, untuk mengubah suatu keadaan. Ide dan gagasan Rochmad, untuk sebuah perubahan yang lebih baik, terbentur oleh sistem yang ada. Maka Rochmad berpikir agar idealisme, ide dan gagasannya dapat terwujud, Rochmad perlu untuk masuk ke dalam sistem pemerintahan.

Mengikuti kontestasi Pemilu Legislatif 2019, menurut Rochmad merupakan hal yang nyata, dan yang dapat diupayakan, agar Rochmad dapat mewujudkan visi dan misi, serta memungkinkan aspirasi masyarakat dapat terealisasi. Upaya Rochmad ini, ternyata didukung penuh oleh keluarga, para tetangga, para sahabat, rekan-rekan seprofesi, para ulama, dan tokoh masyarakat di wilayah Kecamatan Kraton, Mantrijero, dan Mergangsan. Bilamana, Rochmad dilimpahi kepercayaan oleh masyarakat Kecamatan Kraton, Mantrijero, dan Mergangsan, untuk menjadi Anggota DPRD Kota Jogjakarta, pada tahun periode 2019-2024, Rochmad berniat dengan sungguh, untuk mewujudkan perekonomian masyarakat yang lebih baik dan merata, mengurangi tingkat kriminal, serta meningkatkan potensi wisata di wilayah kecamatan Kraton, Mantrijero, dan Mergangsan.

Menurut Rochmad, beberapa gagasan yang akan Rochmad ingin realisasikan seandainya terpilih jadi anggota DPRD Kota Yogyakarta adalah:

Pertama, memajukan UMKM dan menumbuhkan para pelaku usaha baru, dengan cara memfasilitasi berbagai pelatihan, akses permodalan, serta pendamping pemasaran. UMKM merupakan usaha rumahan, namun kita tidak boleh meremehkan usaha kelas rumahan, karena dengan tumbuh subur dan mekarnya UMKM, ia mampu menopang pertumbuhan ekonomi masyarakat secara lebih luas. Misalnya, saat terjadi krisis di tahun 2008, akibat krisis ekonomi di Argentina, Indonesia tidak terkena imbas, sebab pada saat itu, seiring waktu, pelaku UMKM di Indonesia sudah tumbuh dan meningkat hingga mencapai angka 0,7. % dari jumlah penduduk. Sedangkan, krisis ekonomi yang terjadi pada tahun 1998, Indonesia mengalami goncangan yang luar biasa. Hal itu dikarenakan pelaku UMKM sama sekali belum tumbuh. Di masa mendatang, pemerintah harus lebih meningkatkan pertumbuhan pelaku UMKM.

Kedua, Mengembalikan fungsi pas kampung, atau orang pada umumnya menyebut dengan istilah cakruk, agar lebih familiar di masyarakat. Antar pos kamling akan di bikin sistem koneksi, melalui radio panggil, yang terpusat di kantor-kantor kelurahan. Sehingga dapat memaksimalkan fungsi linmas. Dengan cara ini, diharapkan masyarakat lebih mudah dan cepat dalam mengakses informasi.

Ketiga, meningkatkan kegiatan berbagai organisasi kepemudaan; seperti Karang Taruna, Remaja Masjid, Mudika, Pemuda Ansor (NU) Pemuda Muhammadiyah, Fatayat (NU) Nasyiatul Aisyiyah dan lain-lain, serta organisasi-organisasi kepemudaan yang ada di tingkat Rukun Warga (RW). Diharapkan juga, mereka ikut berpartisipasi dalam mensukseskan jam belajar masyarakat. Dengan menyemarakkan kegiatan kepemudaan yang positif, diharapkan dapat mengurangi tingkat kriminalitas di kalangan pemuda, khususnya para pemuda, yang ada di wilayah kecamatan Kraton, Mantrijero, dan Mergangsan.

Keempat, menumbuhkan kembali potensi yang ada di wilayah Kecamatan Kraton, Mantrijero, dan Mergangsan, sehingga dapat tercipta lapangan pekerjaan yang dapat diambil oleh warga masyarakat setempat. Khususnya, bagi lulusan sekolah yang kebingungan dalam mencari pekerjaan, dan tidak perlu pergi jauh-jauh keluar dari tempat tinggalnya, karena telah tersedia lapangan pekerjaan.

Dengan segala kerendahan hati, Rochmad memohon keikhlasan hati para warga masyarakat kecamatan Kraton, Mantrijeron, dan Mergangsan seluruhnya, bila memandang layak untuk mencadi wakilnya di DPRD Kota Yogyakarta jangan lupa pada hari Rabu tanggal 17 April 2019, untuk mempergunakan hak pilihnya, dengan mencoblos nomor 1ROCHMAD pojok kiri atas pada kertas suara, untuk DPRD kota Jogjakarta 2019. (MJ)


Keterangan:
Sebagai upaya mendukung kelancaran prosesi demokrasi lima tahunan sekali pada Pemilu 2019 mendatang, Media PEWARTAnews.com membuka ruang bagi semua Caleg atau semua partai politik untuk kami publikasikan Profilnya agar bisa dibaca semua lapisan masyarakat. Hal demikian juga kami lakukan sebagai upaya mendukung keterbukaan informasi publik untuk dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat, agar masyarakat mengetahui lebih jelas rekam jejak para Caleg yang akan berkompetisi pada Pemilu 2019 mendatang. Biografi singkat para caleg dapat dikirim via email redaksi@pewartanews.com / pewartanews@gmail.com. Profil yang dikirim akan di publikasikan tanpa membayar sepersen pun (Gratis). Naskah Profil yang dikirim akan di edit seperlunya sesuai kebutuhan dan kelayakan prosedur kebijakan media PEWARTAnews.com.

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website