Headlines News :
Home » » Sanggar Rimpu Wakili IKPM-NTB untuk Tampilkan Tarian dan Puisi di Acara Selendang Sutra IKPMDI-Yogyakarta

Sanggar Rimpu Wakili IKPM-NTB untuk Tampilkan Tarian dan Puisi di Acara Selendang Sutra IKPMDI-Yogyakarta

Written By Pewarta News on Rabu, 28 November 2018 | 19.02

Tampilan Tari Wura Bongi Monca dari Sanggar Rimpu saat acara Selendang Sutra, 26/11/2018.

Yogyakarta, PEWARTAnews.com – Pada Senin, (26/11/18) pukul 21.00 WIB, Sanggar Seni dan Tradisi Rimpu Keluarga Pelajar Mahasiswa (KEPMA) Bima-Yogyakarta mewakili IKPM-NTB telah sukses tampil di Monumen Serangan Umum 1 Maret (0 KM) Yogyakarta dalam acara pentas Semarak Legenda Suku Nusantara (Selendang Sutra) dengan mengangkat tema “Kita Semua Saudara, Selamanya Indonesia”.

Selendang Sutra yang rutin diadakan setiap tahun oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan bekerjasama dengan IKPMDI-Yogyakarta tersebut adalah wadah untuk menyalurkan kreatifitas seluruh mahasiswa dari sabang sampai merauke yang berada di Yogyakarta.

Dalam acara Selendang Sutra ini Sanggar Seni dan Tradisi Rimpu mewakili IKPM-NTB menampilkan tarian “Wura Bongi Monca” dan puisi dengan tema “Lahir dari Rahim Tanah Bima”. Tarian Wura Bongi Monca ini merupakan salah satu tarian sambutan selamat datang atau penyambutan tamu dari Bima, NTB. Tarian ini dilakukan oleh penari perempuan secara berkelompok dengan gerakan yang lemah lembut sambil menaburkan beras kuning sebagai simbol penghormatan dan harapan.
 
Ruslin, yang akrab disapa Arlan, selaku Penanggung Jawab Sementara Sanggar Seni dan Tradisi Rimpu tersebut menuturkan bahwa pentas ini merupakan sebuah karya yang menakjubkan dan cukup menarik untuk menjadi pilihan refreshing setelah penat beraktivitas. “Saya selaku penanggung jawab sementara Sanggar Seni dan Tradisi Rimpu yang diberikan mandat mengucapkan banyak terimakasih kepada Dinas Kebudayaan Provinsi D.I.Y. dan IKPMDI-Yogyakarta yang telah mengundang kami,” ucap Arlan.
Usai tampilan Tari Wura Bongi Monca dari Sanggar Rimpu saat acara Selendang Sutra, 26/11/2018.

Lebih lanjut, Arlan berharap pada event-event selanjutnya para keluarga besar Sanggar Rimpu terus lebih giat dan semangat lagi terus mengenalkan budaya dan tradisi Mbojo pada masyarakat luas. “Terimakasih juga kepada anggota Sanggar Seni dan Tradisi Rimpu yang sudah meluangkan waktunya untuk mengisi acara atau undangan dari Dinas Kebudayaan Provinsi DIY dan IKPMDI-Yogyakarta, harapan saya kedepannya semoga anggota Sanggar Seni dan Tradisi Rimpu dan semua warga NTB pada umumnya yang berada di Yogyakarta tetap semangat mengangkat atau memperkenalkan budaya kita ditanah loja/rantauan,” beber Arlan.

Acara Selendang Sutra ini akan berlangsung selama 6 hari, dari tanggal 26 November-1 Desember 2018. Pada hari pertama (26/11/2018), selain tampilan dari IKPM Provinsi NTB, hari pertama tampil juga dari Kemah Budaya 2018, IKPM Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, IKPM Provinsi Maluku Utara, IKPM Provinsi Kalimantan Timur, dan tampilan Sanggar Nusantara.

Pada hari kedua (27/11/2018) telah tampil dari IKPM Provinsi Bali, IKPM Provinsi Papua, IKPM Provinsi Maluku, IKPM Provinsi Kepulauan Riau, IKPM Provinsi Kalimantan Utara, IKPM Provinsi Sumatera Utara. Hari ketiga malam ini (28/11/2018) akan tampil dari IKPM Provinsi Aceh, IKPM Provinsi Kalimantan Tengah, IKPM Provinsi Jawa Timur, IKPM Provinsi Papua Barat, IKPM Provinsi Sulawesi Utara, dan IKPM Provinsi Jawa Tengah. (Siti Hawa)

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website