Headlines News :
Home » » Tantangan Era Digital, Rochmat Wahab: Perlu Adanya Inovasi Layanan Konseling

Tantangan Era Digital, Rochmat Wahab: Perlu Adanya Inovasi Layanan Konseling

Written By Pewarta News on Sabtu, 03 November 2018 | 16.28

Prof. Dr. H. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. usai memberi materi Studium General dengan tema “Tantangan Konseling di Era Digital", 25/09/2018.
Bandung, PEWARTAnews.com – Mantan Ketua Tanfidliyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Daerah Istimewa Yogyakarta (PWNU DIY) masa bakti 2011-2016 Prof. Dr. H. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. memberi materi Studium General dengan tema “Tantangan Konseling di Era Digital”, di depan mahasiswa S1, S2 dan S3 Prodi Bimbingan dan Konseling UPI pada tanggal 25 September 2018 di Ruang Sidang FMIPA UPI Bandung.

Menurut Mantan Rektor dua periode ini, kehadiran RI 4.0 dan era Digital menuntut adanya inovasi layanan konseling. “Tidak bisa kita bertahan dengan pendekatan konvensional dengan face to face, tapi kita harus kembangkan materi dan cara serta pendekatan sesuai dengan pesatnya dunia digital yang menyentuh semua aspek kehidupan,” beber Rochmat Wahab.

Konseling untuk semua pada dewasa ini, kata Rochmat, tidak akan mungkin bisa diwujudkan apabila tidak memanfaatkan jasa IT, dengan begitu konseling online menjadi kebutuhan. “Untuk mewujudkan konseling online yang efektif, persoalan yang harus mendapat perhatian khusus adalah menjaga konfidentialitas klien. Jika konseling konvensional menjaga konfidentialitas cukup antara klien dan konselor saja, maka konseling online harus melibatkan klien, konselor dan provider. Kehadiran provider dalam batas tertentu sangat menentukan, karena data dan info tentang proses konseling ada di tangannya,” ucapnya.

Lebih jauh, Prof. Rochmat mengatakan bahwa untuk menjamin kelancaran, keselamatan, dan keamanan klien dan semuanya, perlu ditegakkan kode etik dan pembuatan informed concern untuk melindungi semua. “Pengkajian dan perbaikan praktek konseling online perlu terus diupayakan. Tentu demi efisiensi dan efektivitasnya, layanan konseling tidak hanya untuk yang bermasalah, tetapi untuk memiliki kebutuhan untuk berkembang, yang ini hampir dirasakan oleh semua. Konseling online bisa diwujudkan dengan modus email, realtime WA, video call, skype, dan sebagainya. Semoga bermanfaat. Aamiin.” tambahnya.

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website