Headlines News :
Home » , » Sampah Menjadi Berkah

Sampah Menjadi Berkah

Written By Pewarta News on Kamis, 31 Januari 2019 | 02.30

Prof. Dr. H. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A.
PEWARTAnews.com -- Pada umumnya institusi pendidikan menghendaki bahwa setiap intake pendidikan mencari yang terbaik, sehingga dalam mengelola pendidikan dan pembelajarannya menjadi mudah, dan berakhir dengan hasil yang gemilang. Padahal institusi pendidikan itu lebih recognized jika intake-nya berkualitas “sampah” dan lulusannya menjadi berkah karena banyak peroleh anugerah.

Jika intake-nya saja sudah berkualitas, sebenarnya kepala sekolah dan pendidik tidak terlalu perlu bekerja keras, apalagi sistem pengelalaan persekolahan sudah mapan. Pada kondisi ini justru tim penjaminan mutu, Kepala Sekolah, dan pengawas yang perlu disiplin dalam memonitor implementasi program dengan instrumen Pedoman Operasional Baku (POB). Tapi jika tidak ada disiplin, boleh jadi terjadi kerugian yang tidak perlu karena anak didik tidak berkembang optimal.

Sebaliknya institusi pendidikan yang mendapatkan intake berkualitas rendah (rubbish input) tidak seharusnya berdiam diri dan menyerah, karena dalam kondisi ini ada peluang besar institusi pendidikan merevitalisasikan semua sumber daya, terutama kinerja guru dan konselor serta academic leadership kepala sekolah untuk mengeksplorasi potensi anak didik dengan melakukan assessmen semua potensi dengan cara sederhana. Yang penting diketahui bakat dan potensi anak untuk difasilitasi dan dibimbing belajar dan aktivitas lainnya yang diperlukan. Bahkan yang paling utama adalah mendidik anak menjadi pribadi yang berakhkaq mulia. Menjadikan anak didik dengan prioritas menjadi pribadi baik, dengan kecapakan akademik dan non akademik lainnya sesuai dengan potensi. Insya Allah anak yang semula sebagai nobody menjadi somebody. Untuk mewujudkan cita-cita yang mulia ini, perlu kebersamaan antara keluarga, sekolah, masyarakat, institusi keagamaan dan media massa.


Yogyakarta, 21 Januari 2019
Penulis: Prof. Dr. H. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A.
Dosen dan Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website