Headlines News :
Home » , » Musibah Lion Air JT 610

Musibah Lion Air JT 610

Written By Pewarta News on Sabtu, 16 Februari 2019 | 05.00

Prof. Dr. H. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. (memakai jas)
PEWARTAnews.com – Sabda Rasulullah saw dalam Haditsnya, berbunyi “I’mal lid dun-yaaka kaannaka ta’isyu abadan, wa’mal li akhiratika ka annaka tamuutu ghadan”, yang artinya, bekejalah untuk duniamu seakan-akan kau akan hidup selama-lamanya, dan beramal lah untuk akhiratmu seakan-akan besuk kau akan mati. Demikian juga firman Allah SWT, “faidzaa jaa-a ‘ajaluhum laa yasta-khiruuna walaa yastaqdimuun”, yang artinya, maka apabila telah datang saat kematian, maka tidaklah kamu mampu menunda saat kematian atau mempercepatnya” (QS Al A’raf, 34).

Hadits Nabi saw dan Firman Allah swt ini terasa sekali memiliki relevansi yang sangat tinggi bagi semua yang menjadi kurban Lion Air JT 610 yang mengalami musibah tanggal 29 Oktober 2018. Sebagian besar di antara mereka bersemangat untuk tunaikan tugas dalam mencari nafkah yang halal demi diri dan keluarganya serta lembaganya, pada waktu yang sama mereka juga tidak bisa abaikan berdoa dan beramal sholeh untuk bekal, jika sewaktu-waktu dipanggil menghadap-Nya untuk selama-lamanya. Apalagi di kantong tempat duduk di Lion Air selalu tersedia leaflet Tuntunan Doa untuk beberapa agama yang tidak selalu ada di pesawat terbang lainnya. Beruntunglah penumpang yang selalu manfaatkan leaflet itu dengan tambahan doa lainnya, sebelum take off dan selama penerbangan.

Semoga setiap memulai perjalanan dengan transport apapun, kita selalu sempatkan berdoa, semoga Allah SWT melindungi keselamatan kita. Aamiin. Akhirnya kami berduka yang sedalam-dalamnya atas mushibah Lion Air JT 610 dan ikut berdoa, semoga semua penumpang husnul khaatimah, diampuni dosa-dosanya, diterima amal baiknya, dan diterima di sisi-Nya. Demikian pula keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Aamiin.


Yogyakarta, 31 Oktober 2018
Penulis: Prof. Dr. H. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A.
Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dua periode 2009-2017

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website