Headlines News :
Home » » Pahlawan Masa Kini adalah Orang yang Karya-Karyanya Bermakna untuk Kemaslahatan Dunia dan Akhirat

Pahlawan Masa Kini adalah Orang yang Karya-Karyanya Bermakna untuk Kemaslahatan Dunia dan Akhirat

Written By Pewarta News on Rabu, 20 Februari 2019 | 10.30

Prof. Dr. H. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A.
Yogyakarta, PEWARTAnews.com – Ketua III Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) masa bakti 2014-2019 Prof. Dr. H. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A., mengatakan bahwa dalam menghadapi Hari Pahlawan, penting sekali kita melakukan renungan sebagai wujud empati. “Jika selama ini pahlawan sering dimaknai sebagai orang yang telah berjuang dengan pengorbanan jiwa dan raga untuk meraih dan mempertahankan kemerdekaan, maka makna pahlawan era kini dan mendatang, RI 4.0 dan seterusnya adalah siapapun yang mampu mengisi kemerdekaan dengan semangat Jihad melalui karya-karya inovatif, sehingga menjadi Inovator bereputasi yang dapat memberikan solusi efektif terhadap persoalan yang terus muncul dan semakin kompleks di tengah-tengah masyarakat yang tidak saja terkenal secara nasional, melainkan juga di kancah internasional,” ucap Prof. Rochmat, di Yogyakarta, 07/11/2018.


Oleh karena itu, kata mantan Ketua Umum Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tingggi Negeri (SNMPTN) tahun 2015 ini, potensi kreatif dan inovatif harus dipupuk dan dibina sedini mungkin, sehingga mampu memberikan alternatif solusi dan siap menghadapi tantangan pada jamannya. “Persoalan inovasi seharusnya tidak difokuskan pada aspek kognitif saja, melainkan aspek nilai (keagamaan yang diyakini) dan psikomotor,” bebernya.

Lebih jauh, menurut mantan Menurut Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dua periode 2009-2017, mengatakan bahwa pahlawan yang dimaknai dalam era millenial masa kini adalah orang yang mempunyai karya-karya bermakna untuk kemaslahatan hidup di dunia dan bermakna untuk kemaslahatan hidup di akhirat. “Sebagai bangsa yang memiliki pandangan hidup Pancasila, bahwa innovator yang bisa di-claim sebagai pahlawan adalah yang karya-karyanya tidak hanya untuk kemaslahatan dunia saja, melainkan juga untuk kemaslahatan akhirat,” cetusnya dengan penuh optimis.

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website