Headlines News :
Home » , » Waktu

Waktu

Written By Pewarta News on Rabu, 27 Februari 2019 | 10.00

Prof. Dr. H. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A.
PEWARTAnews.com – Waktu memiliki banyak makna. Waktu bisa berarti ibadah, belajar, sukses, perjuangan, pengabdian, uang, hiburan, atau lainnya, tergantung pada falsafat dan pandangan hidup kita. Jika waktu dapat dimanaj dengan baik, maka dapat berdampak positif, sebaliknya jika tidak dimanaj dengan baik bisa berdampak negatif. 
     
Banyak kasus, bahwa orang-orang yang dapat mengelola waktu dengan baik, mereka menjadi orang beriman dan bertaqwa dengan baik, sukses studi, karir dan hidupnya. Sebaliknya orang yang tak disiplin menjaga waktu, abaikan dan buang waktu dengan kegiatan cuma-cuma, bahkan maaf tercela, maka kehidupannya cenderung sulit dan bermasalah. Ada Mahfudhat yang perlu menjadi renungan, “Alwaqtu kassaiif, in lam taqtha’hu qatha-aka”, yang artinya “Waktu itu laksama pedang, jika kamu tidak gunakannya dengan baik, maka akan memotongmu”.

Kita juga ingat hadits Rasulullah saw, bahwa “Barang siapa yang hari ini lebih baik daripada kemarin, maka dia beruntung; barang siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin, maka mereka merugi; barang siapa yang hari ini lebih jelek daripada dari kemarin, maka dia binasa. Betapa penting menjaga waktu terutama yang hidupnya ingin bahagia dunia dan akhirat.

Coba kita perhatian peringatan keras Allah swt, bahwa setiap insan merugi, kecuali yang beriman, beramal shaleh, berwasiat tentang kebajikan dan kesabaran.

Memperhatikan akan pentingnya waktu, maka kecakapan manajemen waktu penting dimiliki setiap insan, walau tidak mudah. Ada sejumlah ikhtiar yang dapat dilakukan untuk mengelola waktu dengan baik, diantaranya :1) Know your goal; 2) Priority wisely; 3) Just say no; 4) Plan ahead; 5) Eliminate distractions; 6) Deligate more often; 7) Watch what you spend; 8)Take care of yourself (https://quickbooks.intuit.com)

Bagaimana dengan kita, apakah kita termasuk orang yang skillfull dalam manajemen waktu, atau biasa-biasa saja, atau rendah. Apapun yang Anda alami sangat bermanfaat bagi kita semua, semoga ke depan kita bisa lebih baik dalam manajemen waktu, termasuk orang-orang yang beruntung, bukan termasuk orang-orang yang merugi. Aamiin yaa mujiibas saailiin.


Yogyakarta, 23 November 2018
Penulis: Prof. Dr. H. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A.
Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dua periode 2009-2017

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website