Headlines News :
Home » » Fakultas Syariah dan Hukum Gelar Kuliah Paralel Hukum Internasional

Fakultas Syariah dan Hukum Gelar Kuliah Paralel Hukum Internasional

Written By Pewarta News on Jumat, 15 Maret 2019 | 22.00

Christopher Cason, B.A., J.D saat menyampaikan materi kuliah Paralel Hukum Internasional.

Yogyakarta, PEWARTAnews.com -- Pada hari kamis, pukul 10.00 WIB bertempat di Ruang teatrikal Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta diadakan kuliah paralel Hukum Internasional bersama narasumber Christopher Cason, B.A., J.D yang merupakan Alumni University of Miami School of Law US dengan tema Human Rights and Cultural Context.

Kuliah Paralel Hukum Internasional ini diikuti oleh 213 orang mahasiswa yang semester Genap ini mengambil mata kuliah Hukum Internasional, yaitu Prodi Ilmu Hukum, Hukum Ekonomi Syariah, dan Hukum Tata Negara.

Setelah menyampaikan beberapa perjanjian internasional yang terkait dengan Hak Asasi Manusia seperti CRC dan CEDAW, Christopher Cason kemudian mengelaborasi dan mengajak mahasiswa untuk berfikir kembali keterkaitan antara HAM dan budaya. Ia menyimpulkan bahwa dalam budaya dan ajaran agama apapun, semua tidak ada yang membolehkan adanya pelanggaran terhadap HAM.

Dalam sesi tanya jawab ia menyampaikan bahwa menurutnya, hukuman mati merupakan pelanggaran terhadap HAM yang mendasar yaitu hak untuk hidup. Ia juga dengan tegas menyampaikan bahwa embargo jika berdampak pada tercerabutnya hak-hak mendasar dari manusia, makas itu illegal. Terkait tembok besar yang dibangun oleh pemerintahan Amerika saat ini untuk membendung imigran khususnya dari Mexico, Ia menyampaikan bahwa hal tersebut tidak melanggar HAM kecuali hal tersebut mengganggu terpenuhinya hak-hak migran untuk mendapatkan asylum.

Kuliah ini terselenggara atas kerja sama Fakultas Syari'ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga dengan the American Institute for Indonesian Studies (AIFIS). **
Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website