Headlines News :
Home » , » Coffee Morning KPU Serentak Se-Indonesia

Coffee Morning KPU Serentak Se-Indonesia

Written By Pewarta News on Senin, 01 April 2019 | 17.56

Saharudin.
PEWARTAnews.com – Judul tersebut bertemakan "Kesiapan Personil KPU dalam Rangka Penyelenggaraan Pemilu 2019", bersumber dari Surat Edaran KPU RI 25 Maret 2019 yang ditujukan terhadap ketua KPU Provinsi & ketua KPU Kab./Kota seluruh Indonesia agar dilaksanakan secara serentak 1 April 2019.

Merespon surat edaran tersebut. KPU Berau mengimplementasikannya dalam bentuk apel siaga menghadapi Pemilihan Umum serentak 17 APRIL 2019 yang format susunan acaranya berdasarkan lampiran surat edaran KPU RI.

Acara tersebut, harusnya yang memimpin adalah ketua KPU Berau, tetapi karena dalam perjalanan dinas, maka dilimpahkanlah terhadap Anggota KPU Berau a.n. Saharudin.

Hal-hal yang disampaikan dalam apel tersebut adalah: Pertama, perlunya meningkatkan soliditas antarkomisioner KPU Berau dengan semua jajaran sekretariatan. Dalam hal ini, memandang perlu adanya kerja sama, kerja cermat, dan kerja cerdas. Di samping itu, perlunya bersinergi antarsatu dengan yang lain sehingga kekurangan satu dengan lain dapat saling menutupi, walaupun konten ini belum terlihat karena Komisioner KPU Berau baru beraktifitas tiga belas hari, tetapi akan lebih baik dapat diantisipasi jauh sebelum masalah itu muncul.

Kedua, meningkatkan partisipasi masyarakat dengan menggunakan gadget yang dimiliki oleh seluruh jajaran komisioner maupun kesekretariatan. Penggunaan handphone berjenis android sangat cocok untuk digunakan dalam memberikan pemahaman dan informasi tentang waktu pemilu, baik lewat facebook, instagram, dan media sosial lainnya.

Penggunaan gadget itu juga, harapannya agar masyarakat Berau sebagai pemilih yang sudah terdaftar dalam DPT, DPTb, & DPK tidak golput pada hari H pencoblosan. Adanya peran serta tersebut, akan meningkatkan partisipasi pemilih sehingga mengalami perubahan, setidaknya ada peningkatan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak konstitusinya dari pemilu dan pilkada sebelumnya.

Mengingat yang dikutip oleh Komisioner KPU RI, Pramono U. Tanthowi yang dipublikasi melalui facebooknya bahwa hasil penelitian lembaga survei LSI 23 Februari 2019 merilis tentang pengetahuan pemilih mengenai hari pencoblosan masih sangat rendah, yakni 49,4%. Tetapi, pada tanggal 28 Maret 2019 oleh CSIS merilis penelitiannya, meningkat tajam menjadi 83,7%.

Hal itu dapat saja terjadi, atas peran serta penyelenggara pemilu, peserta pemilu melalui kampanyenya, maupun stakeholder yang memiliki kepentingan terhadap lancarnya pemilu 17 APRIL 2019 yang akan datang.

Ketiga, perlunya proaktif dan mengkonsumsi segera informasi, baik sesuai tahapan dalam PKPU maupun berdasarkan Surat Edaran yang diputuskan oleh KPU RI agar tidak lagi menunggu instruksi dari Komisioner KPU Berau terkecuali yang berkaitan dengan tindakan yang perlu diplenokan oleh Komisioner KPU Berau. Mengingat, jajaran sekretariat juga merupakan penyelenggara pemilu yang mana kedudukannya sama-sama penting, bagaikan dua sisi mata uang walaupun secara tanggung jawab adalah berada di tangan Komisioner, tetapi bukan berarti jajaran sekretariat tidak memiliki tanggung jawab dan tidak terikat oleh aturan bahkan tupoksi semuanya jelas termaktub dalam UU No 7 Tahun 2017.

Akhirnya, Mari kita saling bahu membahu dan ingat mengingatkan agar Komisioner dan jajaran sekretariatan sama-sama memiliki tanggung jawab karena suksesnya pemilu di Berau tidak terlepas dari peran serta dan kerja keras penyelenggara pemilu (KPU dan Bawaslu), peserta pemilu, maupun stakeholder terkait yang ada di Berau.


Penulis : Saharudin, S.Pd., M.Pd.I.
Komisioner KPU Berau (Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat)

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website