Headlines News :
Home » , » Ama Rasa

Ama Rasa

Written By Pewarta News on Minggu, 09 Juni 2019 | 18.06

Dedi Purwanto, S.H.
PEWARTAnews.com -- Ama rasa adalah julukan yang diberikan kepada seseorang yang memimpin suatu desa. Julukan ini biasanya dikenal di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Melirik pemaknaan dalam bahasa Indonesia, ama rasa merupakan kepala desa. Kalau berbicara kepala berarti seseorang yang menjadi tuta (kepala) bagi setiap orang yang ada di desa tersebut. Kepala bagi anak kecil sampai orang tua, kepala bagi makhluk yang melata sampai yang terbang. Kepala bagi semua makhluk di bumi sampai yang menggantungkan hidupnya di langit, dan kepala untuk semua urusan dunia maupun akhirat.

Ada beberapa komponen yang harus kita penuhi dalam memahami 'ama rasa' atau kepala desa. Pertama, Kompleksitas makna dari kata 'ama rasa'. Kedua, Apa dan siapa saja yang akan dipimpin oleh 'ama rasa'. Ketiga, Syarat supaya dikatakan sebagai 'ama rasa'. Keempat, Tugas dan fungsi dari 'ama rasa'.

Ama rasa terdiri dari dua kata yaitu kata ama dan rasa. Ama dalam bahasa Indonesia adalah bapak sedangkan rasa adalah desa. Kenapa dikatakan ama, dan kenapa desa dikatakan rasa. Bukankah dalam bahasa Indonesia ada kata rasa, yang dimana rasa itu berkaitan dengan perasaan. Kenapa bisa begitu. Tentu hal ini tidak serta merta terjadi begitu saja tampa ada alasan historis dan filofis yang mendalam.

Mari menjelajah bersama. Tulisan selanjutknya kita akan coba untuk menela'ah lebih jauh dari beberapa komponen di atas. Kenapa kita harus bangun suatu pondasi dan syarat dalam memahami 'ama rasa', Supaya kita semua tidak merasa pantas untuk memimpin. Kalau kita tidak merasa pantas untuk memimpin maka akan berlaku rumus untuk memantaskan diri terlebih dahulu (pantas menurut orang lain, bukan layak menurut diri sendiri).

Bersambung.


Penulis: Dedi Purwanto, S.H.
Wakil Ketua IKASUKA Ilmu Hukum / Pemuda Pemerhati Daerah

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website