Headlines News :
Home » , » Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur'An

Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur'An

Written By Pewarta News on Sabtu, 29 Juni 2019 | 15.33

PEWARTAnews.com – Manusia pada hakekatnya memerlukan pendidikan untuk tumbuh dan berkembang secara optimal menuju matang dan dewasa. Pendidikan yang mampu memainkan fungsi humanisasi. Pendidikan yang menjaga fitrah manusia, yang diorientasikan untuk menjadikan insan sebagai hamba Allah dan khalifah fil ardzi.

Berdasarkan QS Adz Dzariyah:56, bahwa “Aku tidak menciptakan manusia dan jin, kecuali untuk menjadikan tujuan akhir atau segala aktivitasnya sebagai pengabdian kepadaku”. Artinya bahwa insan itu memang diciptakan untuk beribadah. Untuk bisa menjadi hamba Allah swt yang baik, taat dan bertanggung jawab, maka sangat diperlukan ikhtiar pendidikan yang benar dan efektif, yang orientasinya lebih ditekankan pada pembentukan karakter atau akhlaq.

Berdasarkan QS Al Baqarah:30, bahwa “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan sorang khalifah di muka bumi”. Juga QS Hud:61, bahwa “Dan Dia yang menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menugaskan kamu untuk memakmurkan”. Untuk menjadi khalifah fil ardzi lebih banyak memerlukan ikhtiar pengajaran, di samping pendidikan. Yang selanjutnya khalifah bertugas dan bertanggung ikut menyejahterakan, memakmurkan atau membangun bumi sesuai konsep yang ditentukan oleh Allah swt. Karena itu peran khalifah perlu difahami secara luas, yang tidak hanya dibatasi di bidang politik saja, melainkan juga bidang ke agamaan, ekonomi, pendidikan, kesehatan, teleology maupun bidang-bidang lainnya.

Dengan pendidikan yang baik, diharapkan sekali mampu menghasilkan hamba Allah yang taat dan tidak untuk kebaikan dirinya sendiri, melainkan juga untuk orang lain atau ummat. Dalam waktu sama mampu menghasilkan khalifah filardzi yang mampu bertanggung untuk menjaga, melindungi, dan menyelamatkan yang tidak hanya keluarga saja, melainkan juga komunitasnya yang menjadi tanggung jawabnya. Menjadi khalifah tidak boleh memunculkan rasa kesombongan, melainkan wajib upayakan tampil dengan kerendahan hati atau tawadlu’. Khalifah adalah pelayan ummat (khadimul ummat).

Adapun alat pendidikan yang ampuh, sebagaimana yang Allah swt contohkan tertuang pada QS Al Fatihah:2-3, bahwa ”Segala puji hanya milik Allah, Tuhan (yang mendidik) seluruh alam dengan sifat-Nya yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang”. Untuk mendidik yang efektif sangat dibutuhkan keteladanan. Dalam hal ini Yangdalam mendidik akhlaq sangat menekankan keteladan. Keteladanan ini malah langsung diperoleh dari Tuhan (Al Khaliq), sebagaimana tertuang dalam QS Al Ahzab:21. Yang artinya sbb “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.”

Quraish Shihab (1992) menegaskan bahwa Kekhalifahan mengharuskan empat sisi yang saling berkaitan, (1) pemberi tugas (Allah swt), (2) penerima tugas (manusia, bisa perĂ²rangan maupun kelompok, (3) tempat atau lingkungan (manusia berada), (4) materi-materi penugasan yang harus dilaksanakan.
Dalam konteks ini tujuan pendidikan atau kurikulum pendidikan harus dibuat dan dikembangkan sendiri/diciptakan sendiri, sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan dari luar, sehingga tidak sampai ambil kurikulum dan materinya dari negara luar, yang belum tentu pandangan hidup bangsa sama.

Demikianlah beberapa hal terkait dengan pendidikan berdasarkan dalil naqli Al Qur-an yang di-support dengan beberapa matan Hadits yang relevan, sehingga praktik pendidikannya lebih bermakna dan kontributif bagi terwujudnya insan kamil.


Yogyakarta, 26 Mei 2019
Penulis: Prof. Dr. H. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A.
Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dua periode 2009-2017

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website